Sukses

Jerawat dan Pori-pori

01 Nov 2014, 15:42 WIB
Wanita, 19 tahun.

jerawat saya kecil dan menyumpat pori" . bekasnya juga banyak. bagaimana cara mengatasinya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Perlu diketahui bahwa setiap kulit manusia memiliki variasi yang berbeda, termasuk ukuran pori-pori. Pori-pori kulit merupakan saluran keluar dari kelenjar minyak (sebum). Pori-pori yang besar akan mudah tertutup oleh keringat, minyak, jaringan kulit mati, debu, dan lain sebagainya sehingga saluran kelenjar keringat di dalam kulit kulit menjadi tersumbat dan meradang. Keadaan inilah yang dapat mendukung timbulnya jerawat di kemudian hari.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengecilkan pori yang dapat Anda lakukan di rumah:

  • Gunakan masker wajah secara teratur
  • Kompres wajah dengan menggunakan air es. Efek dingin yang ditimbulkan dapat mengecilkan pembuluh darah dan pori-pori
  • Bersihkan wajah secara rutin, terutama setelah beraktivitas atau setelah mengenakan make-up menghindari pembentukan komedo dan atau jerawat.

Sedangkan bekas jerawat biasanya dapat berupa jaringan keloid yang menonjol atau berupa lapisan kulit yang masuk ke dalam. Penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas jerawat.

Selain itu, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat, dan apabila masih ada tanda-tanda peradangan seperti yang Anda alami biasanya akan ditambahkan krim anti radang yang diresepkan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat yaitu prosedur chemical peeling dan atau mikrodermabrasi. Rangkaian prosedur tersebut (krim malam, chemical peeling, dan mikrodermabrasi) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul. Jangan lupa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB yang dapat memperburuk kondisi.

Untuk memastikan kondisi kulit dan pilihan terapi terbaik, kami sarankan Anda untuk konsul dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu seperti kedalaman bekas jerawat, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan jenis krim, cairan kimia dan tindakan dengan konsentrasi / kekuatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar