Sukses

Makanan untuk meningkatkan Trombosit

15 Dec 2014, 16:46 WIB
Wanita, 45 tahun.

U Untuk menaikkan trombosit

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keadaan dimana didapatkan trombosit yang rendah disebut sebagai trombositopenia .

Trombositopenia adalah kondisi dimana trombosit berada pada level yang rendah ( <100.000 mm3). Penyebab trombositopenia secara garis besar dibagi menjadi 2 :

  • kegagalan dari produksi trombosit
  • penghancuran berlebihan dari trombosit

Penyebabnya terbagi atas penyakit autoimun, infeksi, efek samping obat, kanker, dan defisiensi zat.

Yang sangat perlu diwaspadai adalah kondisi dimana trombosit berada di bawah nilai 10.000 mm3 karena dapat menyebabkan perdarahan organ dalam.

Sebenarnya tidak Anda makanan yang langsung memberikan efek peningkatan trombosit. Namun dalam usaha tersebut yang dapat dilakukan adalah utamanya dengan meningkatkan konsumsi makanan yang tinggi kandungan vitamin dan mineralnya. Selain itu , makan makanan yang kaya nutrisi tertentu dapat membantu untuk menaikkan trombosit darah dan membantu tubuh untuk membeku lebih cepat. Untuk meningkatkan atau menaikkan Trombosit dalam darah secara alami , perlu ditingkatkan asupan Vitamin C , D , A dan K dalam menu keseharian pasien .

Selain vitamin K dan D, makanan dengan kandungan mineral seng juga dapat meningkatkan trombosit darah dan sel – sel darah lainnya dalam tubuh. Zinc pada dasarnya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh , membuat sel-sel darah seperti trombosit berjuang lebih keras untuk melindungi tubuh .
Beberapa contoh bahan makanan yang banyak mengandung nutrisi diatas adalah:  Jambu Biji, Daun Pepaya, bayam, Tomat, Labu, Buah Bit, Kubis, dll.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar