Sukses

Prosedur Pematangan Paru Janin

15 Dec 2014, 17:19 WIB
Wanita, 32 tahun.

Assalam Wr Wb Selamat malam dok Mohon maaf saya seorang ibu yang saat ini sedang hamil 39 minggu. Tadi sore saya ke dokter specialist kandungan untuk memeriksakan kehamilan saya karena mulai kemarin serig keluar lendir/cairan berwarna kekuningan walau tidak banyak..menurut informasi dr dokter ketuban saya kurang banyak dan berat janin di usia 39 minggu baru 2500 gram dan proses persalinan nanti hrs menggunakan system cesar..saat ini dokter menyarankan kepada sy untuk suntik pematangan paru janin sebanyak 4x salaam 2 hari atau /12 jam. yg ingin sy tanyakan sama dokter : 1. Apa manfaat bagi janin saya melakukan suntik pematangan paru janin serta resiko jika saya tidak melakukan sesuai arahan dokter? 2. Apa efek samping jika saya di suntik pematangan paru? 3. Apakah setelah selesai 4x suntik sy hrs langsung melakukan proses persalinan atau menunggu hal lain? Mohon jawaban dari dokter Jazakallah khoeron katsiron Imas

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelumnya Kami ucapkan atas kehamilan Anda dan Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan yang Anda ajukan.

1. Apa manfaat bagi janin saya melakukan suntik pematangan paru janin serta resiko jika saya tidak melakukan sesuai arahan dokter?

Pada kehamilan yang dianggap beresiko dan memenuhi indikasi untuk dilakukan persalinan dengan tindakan operasi sesar, dimana usia kehamilan belum mencukupi waktunya, ditakutkan terjadinya pengembangan paru yang tidak sempurna yang dapat berakibat pada kematian pada bayi yang baru lahir akibat paru-paru yang belum matang sempurna. Untuk itu, sebelum dilahirkan, perlu dilakukan tindakan untuk pematangan paru bayi.

Surfaktan merupakan komponen yang penting dalam proses pengembangan paru. Surfaktan akan dikeluarkan pada usia kehamilan 24-26 minggu, dan mulai berfungsi aktif pada usia 32-34 minggu.

Produksi surfaktan dapat dipercepat lebih dini dengan meningkatnya pengeluaran kortisol janin yang disebabkan oleh stres, atau oleh pengobatan betamethasone atau deksamethason yang diberikan pada ibu yang diduga akan melahirkan bayi dengan defisiensi surfaktan atau kehamilan preterm 24-34 minggu.

Untuk itu, diskusikanlah kembali mengenai perlu atau tidaknya suntik pematangan paru pada kasus Anda dimana usia kehamilan sudah mencapai usia 39 minggu, mungkin saja dokter Anda memiliki pertimbangan lain yang belum disampaikan kepada Anda.

2. Apa efek samping jika saya di suntik pematangan paru?

Pada umumnya tidak ada resiko atau efek samping dari suntikan pematangan paru tersebut. Justru pada janin yang beresiko dan tidak dilakukan prosedur ini, dapat terjadi bahaya komplikasi sindroma gawat napas hingga kematian.

3. Apakah setelah selesai 4x suntik sy hrs langsung melakukan proses persalinan atau menunggu hal lain?

Jika tidak didapatkan adanya penyulit lain, ketika prosedur pematangan paru selesai, Proses persalinan dapat segera dimulai sesuai dengan waktu yang dijadwalkan oleh dokter Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar