Sukses

Kolitis Ulseratif
14 Dec 2014, 17:21 WIB
Pria, 42 tahun.

keluhan saya usus pernah luka,sampai sekarang saya masih minum obat venosmil dan salofal apa penyait saya

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda karena penyakit ini. Kapan Anda didiagnosis mengalami luka pada usus? Apakah keluhannya belum membaik hingga sekarang? Kami menduga Anda mengalami kolitis ulserativa atau Ulceratif Colitis. 

Ulcerative colitis (kolitis ulserativa) merupakan salah satu bentuk penyakit dari kelompok Inflammatory Bowel Disease (IBD). Penyakit ini berupa  radang usus, terutama pada usus besar yang merupakan  peradangan akut atau kronik pada membran mukosa dari usus besar. Radang tersebut dapat menyebabkan luka yang disebut dengan ulkus. Radang usus besar dapat menyebabkan nyeri perut, diare, BAB berdarah, mulas, demam, dan nafsu makan berkurang.

Kolitis ulserativa merupakan penyakit yang intermiten yaitu terdapat periode di mana gejala-gejala dapat timbul dan terdapat periode di mana gejala-gejala tidak muncul sama sekali. Dan, meskipun terkadang gejala-gejala dapat tidak timbul sama sekali, penyakit ini tetap membutuhkan pengobatan. Penyakit ini dipengaruhi oleh genetik, disebabkan karena terjadinya kelainan pada sistem imun dan dapat dipicu oleh pengaruh lingkungan (stres emosional, sensitivitas terhadap makanan atau produk makanan tertentu, bahkan perasaan stres terhadap penyakit itu sendiri dapat menjadi pemicu kekambuhan).

Penyakit ini memang tidak dapat disembuhkan namun dapat dikontrol agar gejala-gejalanya tidak timbul dan meningkatkan kualitas hidup. Apakah setelah didiagnosis, suami Anda tetap melakukan kontrol terhadap dokter yang menangani? Kami sarankan suami Anda tetap melakukan kontrol dengan dokter yang menangani.

Memang penyakit ini dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker kolon. Sekitar 5% dari penderita kolitis ulserativa akan berkembang menjadi kanker kolon. Namun, risiko ini juga berkaitan dengan durasi terjadinya penyakit dan seberapa luas bagian usus besar yang terlibat. Semakin luas daerah yang terlibat maka risiko meningkatnya kejadian kanker kolon akan semakin besar.

Pada kasus Anda dimana Anda masih mengkonsumsi obat venosmil dan salofal, apabila Anda telah meminumnya untuk jangka waktu panjang, kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi kembali dengan dokter Anda. Konsumsi obat tersebut tentu saja harus sesuai dengan resep dan dengan pengawasan dokter yang bersangkutan.

Demikian  informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar