Sukses

Vitiligo Tak Kunjung Hilang

26 Oct 2014, 02:22 WIB
Pria, 23 tahun.

dok saya mau nanya, saya mempunyai permasalahan kulit. ada bercak putih di samping bawah mulut, kira2 sudah 2 tahun lebih, pernah saya ke dokter kulit katanya saya terkena vitiligo, dan dikasih obat salep, saya juga pernah mengkonsumsi obat lainya, tetapi hasilnya tetap saja, bercak putihnya tidak hilang, dri 2 thn itu bercak putihnya tidak berkembang menjadi besar, masih tetap saja, kalau yang saya tahu kan kalau vitiligo itu akan bertambah besar. pertanyaanya kira2 penyakit saya ini apa dok, karena saya tidak percaya diri dan minder akibatnya, kira2 ada obatnay ga dok, sekian dan terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Vitiligo, suatu kondisi terganggunya pigmentasi kulit karena melanosit (sel pembentuk pigmen) di area tersebut hancur atau rusak. Bentuk klinis dari kondisi ini adalah bercak putih pada area yang terkena.

Hingga kini, faktor penyebab vitiligo masih belum diketahui dengan pasti. Genetik dan penyakit autoimun atau gangguan kekebalan tubuh ditengarai berperan. Faktor pemicu timbulnya bercak putih ini adalah paparan sinar matahari dan atau stres.

Tata laksana vitiligo ditujukan pada fungsi kosmetik. Terapi harus dilakukan secara rutin dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Pilihan terapi diberikan sesuai dengan jumlah, lokasi ukuran dan penyebaran bercak putih pada tubuh.

Adapun golongan jenis terapi yang saat ini direkomendasikan para ahli adalah :

  • Terapi topikal (oles)
    • Steroid topikal
    • Psoralen (fotokemoterapi)
    • Tabir surya
  • Operasi
  • Terapi tambahan lainnya

Kami sarankan Anda untuk konsultasi dengan Dokter Kulit dan Kelamin untuk mendapatkan terapi terbaik dari kondisi yang ada.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar