Sukses

Gatal-gatal Saat Sedang didalam Kamar

15 Dec 2014, 18:51 WIB
Pria, 22 tahun.

Saya sering merasa gatal tak tertahankan bila ada di kamar saya. Saya sudah berupaya membersihkan kamar saya, tp gatal masih sering muncul. Gatal terasa amat jika saya berada di kamar, keluar dari kamar intensitas gatal berkurang, kadang menghilang.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami ketidaknyamanan yang Anda rasakan. Banyak Hal yang dapat menjadi penyebab rasa gatal, mulai dari infeksi virus, bakteri, parasit, maupun reaksi Alergi.

Informasi yang Anda sampaikan lebih mengarah pada adanya reaksi Alergi, umumnya akibat alergi debu, walaupun belum menyingkirkan kemungkinan penyebab gatal adalah akibat manifestasi parasit seperti tungau debu (baik tubuh parasit itu sendiri, maupun produk yang dihasilkannya).

Pencetus dari alergi inilah yang sebaiknya Anda cari agar dapat mencegah gatal-gatal ini berulang lagi. Lakukanlah pemeriksaan kepada dokter, dan berkonsultasilah mengenai keluhan ini. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan tes alergi dengan metode prick test atau cara lainnya.

Terapi untuk gatal alergi ini yang paling tepat adalah menghindari pencetus. Namun apabila gatal sedang kambuh maka sebaiknya Anda meminum obat antihistamin. CTM atau Chlorpheniramine maleate adalah obat antihistamin atau antialergi, namun memiliki efek samping mengantuk. Jenis Antihistamin yang kurang berefek mengantuk misalnya loratadi, cetirizin, dll. Berkonsultasilah dengan dokter Anda mengenai pilihan terapi yang tepat sesuai kondisi Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar