Sukses

Penangan Kanker Servix Stadium 3

12 Dec 2014, 12:54 WIB
Pria, 28 tahun.

Apakah kanker serviks stadium 3 bisa disembuhkan? Penanganan medis seperti apa yg dilakukan untuk kanker serviks stadium 3? Trimaksih

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada stadium 3, sel kanker telah menyebar ke bagian bawah vagina dan dinding panggul. Pengobatan kanker serviks harus mempertimbangkan beberapa faktor diantaranya ukuran tumor, usia penderita, tingkat stadium kanker serviks , usia penderita dan lain-lain. Memang 70% pasien kanker serviks terdiagnosa saat pasien sudah mengalami stadium lanjut. 

Penanganan kanker serviks dengan cara operasi, terapi radiasi dan kemoterapi. Namun operasi dan terapi radiasi adalah 2 modalitas utama di dalam penanganan kanker leher rahim invasif. Pada umumnya, operasi terbatas pada pasien dengan stadium I dan IIA, sementara radiasi dapat dilakukan pada semua stadium dari penyakit. Kemoterapi merupakan penanganan pada pasien dengan stadium IVB atau mereka dengan kanker yang rekuren (sering kambuh) yang tidak dapat dilakukan terapi radiasi maupun operasi. Masing-masing stadium memiliki pilihan terapi utama yang dilakukan dan dibutuhkan pemeriksaan fisik secara lengkap sebelum memutuskan terapi yang tepat untuk menangani kanker serviks stadium lanjut. Untuk itu sebaiknya konsuktasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan atau dokter spesialis bedah onkologi untu mendiskusikan pilihan terapi yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar