Sukses

Seputar Hepatitis B

15 Dec 2014, 19:31 WIB
Pria, 34 tahun.

Salam sehat bagi kita semua... senang bisa lihat iklan kilk dokter di tv, dengan ini sy mencoba untuk berkonsultasi tentang kesehatan sy, mungkin langsung saja dok.... saya pengidap hepatitis b dimana sakit ini diketahui tahun 2006, dengan demikian saya ingin mencari taju apa sih hepatitis b, dari informasi yang didapat hepatitis b itu menular dan tidak bisa disembuhkan, semenjak tahu seperti itu saya takut akan masa depan yang akhirnya saya takut akan menikah.... dokter saya mohon bantuan informasi sejelasnya seperti apa hepatitis b itu, apa dampak bagi penderita dan harus bagaimana agar penderita ini bisa sembuh.... untuk sementata itu dulu saya sampaikan, tidak mengurangi rasa hormat dan terima kasih saya sampaikan saya tunggu informasinya. terima kasih.. salam sehat bagi kita semua..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Hepatitis (radang pada hati) B  adalah penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis B (VHB), yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosi hati atau kanker hati. Hepatitis B merupakan penyakit hepatitis yang paling sering terjadi yang jarang diketahui orang awam, padahal virus ini lebih infeksius 100 kali daripada HIV.  Virus hepatitis B menular melalui darah dan cairan tubuh yang terinfeksi, hal ini dapat terjadi pada keadaan;

  • Kontak langsung darah dengan darah
  • Hubungan seksual yang tidak aman
  • Penggunaan jarum suntik tidak steril
  • Tertusuk jarum suntik yang terinfeksi
  • Jarum yang terkontaminasi yang digunakan untuk membuat tatto, akupuntur, body piercing
  • Pada saat kehamilan – penularan dari ibu-janin pada proses melahirkan
  • Penggunaan pisau cukur bersama
  • Tranfusi darah

Masa inkubasi  VHB sebelum timbulnya gejala klinis kurang lebih antara 6 minggu sampai 6 bulan, namun hampir sepertiga kasus dari penderita tidak menimbulkan gejala sama sekali. Sisanya infeksi VHB dapat menimbulkan gejala-gejala seperti penyakit flu, disertai dengan badan lemas dan nyeri, sakit kepala, demam, nafsu makan berkurang, diare, ikterik (kuning), mual dan muntah.  Gejala dapat memberat dan bertahan berbulan-bulan ditambah dengan nyeri pada perut, diare, dan ikterik.

Ikterik timbul pada penyakit hepatitis karena hati tidak dapat mengeluarkan bilirubin dalam darah. Sehingga dapat merubah warna kulit dan putih pada mata menjadi kuning.

Sebagian besar orang dengan hepatitis B tidak memerlukan pengobatan yang khusus selain beristirahat dan mereka akan sembuh secara utuh. Apabila infeksi VHB bertahan lebih dari 6 bulan (infeksi hepatitis kronik), dapat diberikan obat antivirus yang disebut interveron alfa. Pengobatan ini bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya sirosis hati dan kanker hati.

Terdapat vaksin hepatitis B yang efektif untuk melindungi orang dari infeksi VHB. Keluarga dan anggota rumah lainnya dari penderita hepatitis B harus di vaksin terhadap hepatitis B. Berikut adalah orang-orang yang perlu vaksinasi;

  • Keluarga dan anggota rumah lainnya dari penderita
  • Orang yang dalam pekerjaan terekspos dengan cairan tubuh (c/: pekerja kesehatan)
  • Orang yang berpergian ke negara yang endemis
  • Bayi baru lahir dari ibu yang terinfeksi
  • Pengguna obat-obatan
  • Orang yang melakukan hubungan seksual tidak aman
  • Napi

Untuk itu, tidak ada larangan bagi penderita hepatitis B untuk menikah, namun pasangan dan anak-anak Anda nantinya diharuskan untuk mendapatkan imunisasi VHB.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar