Sukses

Bengkak pada Pergelangan Kaki setelah Terkilir

15 Dec 2014, 19:43 WIB
Wanita, 34 tahun.

seminggu lalu pergelangan kaki saya terkilir saat pemanasan perlombaan lari. setelah diberi etil chloride spray di bagian yg nyeri, saya diijinkan ikut perlombaan. setelah 1 minggu, bengkak di pergelangan kaki dan punggung kaki kiri saya belum juga hilang. Nyeri memang berkurang. Tapi bengkaknya membuat tak nyaman karena sering ngilu & ngebet saat berjalan. Saya sempat cek ke klinik di kantor, setelah diperiksa kata dokter tidak ada masalah dan katanya butuh waktu 1 bulan untuk pemulihan. saya diberi obat anti nyeri minum dan topikal, vitamin dan trombofop utk memarnya. Lantas bagaimanakah mengatasi bengkak pada punggung kaki saya? Benarkah baru akan hilang 1 bulan. Sebagai catatan setelah terkilir saya tidak pernah mengurut kaki saya seperti yang banyak dilakukan org2 yang terkilir.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Bengkak yang terjadi disini adalah akibat pelebaran pembuluh darah lokal sebagai reaksi tubuh untuk mengatasi adanya kerusakan yang terjadi.

Untuk itu, agar bengkak dapt berkurang, Anda dapat memberikan kompres dingin pada daerah pergelangan tersebut. caranya yaitu dengan menggunakan es yang dilapisi kain/handuk selama maksimal 20 menit dan dapat diulangi setiap 3-4 jam. Kompres ini juga dapat memberikan efek mengurangi rasa sakit.

Selain itu Anda juga dapat melakukan cara lain;

  • Mengistirahatkan kaki yang sakit. Kurangi aktifitas sebisa mungkin, terutama pada 48 jam pertama setelah terjadinya cedera. Kemudian, secara bertahap daerah yang mengalami keseleo tersebut dapat mulai digerakkan sedikit demi sedikit.
  • Memberikan penekanan pada derah yang cedera. Penekanan dapat dilakukan dengan menggunakan perban elastik.
  • Jika memungkinkan, pertahankan agar daerah yang mengalami cedera berada lebih tinggi dari pada jantung agar peredaran darah balik ke jantung lebih lancar dan pembengkakan yang terjadi dapat berkurang.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar