Sukses

Turbulensi udara di dalam perut?

16 Dec 2014, 12:36 WIB
Pria, 24 tahun.

Assalamualaikum Selamat Siang, Dok saya punya gangguan kesehatan yang aneh menurut saya, jika sebelum beraktivitas keluar rumah semisal kuliah saya tidak "buang air besar"/BAB dahulu soalnya memang tidak lagi sakit perut pagi itu, dan dipaksakan juga ngga keluar2 fesesnya. Dan yang terjadi selagi saya beraktivitas itu pasti pusing/sakit kepala dan masuk angin. Mengapa bisa begitu dok, apakah ada turbulensi udara di dalam perut karena saya belum BAB itu? solusinya bagaimana dok? Terima Kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan.Buang air besar (BAB) merupakan hasil akhir dari proses pencernaan oleh organisme dari saluran pencernaan melalui anus.

Usus halus dan usus besar merupakan saluran otot. Normalnya, saluran ini berkontraksi dengan arah yang berbeda untuk mencerna sekaligus mencampur bahan makanan menuju anus. Sekitar empat kali dalam sehari, gerakan usus mendorong sisa makanan menuju rektum (bagian usus sebelum anus). Rangsangan untuk melakukan BAB umumnya adalah makan, yang akan meningkatkan gerakan usus menuju rektum, dan mendorong sisa makanan keluar melalui anus.

Frekuensi BAB sangat bervariasi pada setiap individu, bergantung pada makanan, aktivitas, metabolisme tubuh, penyakit dan banyak faktor lain. Selama ini banyak orang telah salah menganggap bahwa mereka harus buang air besar setiap hari, padahal yang paling penting adalah keteraturan BAB itu sendiri.

 

Tidak ada kaitan langsung antara belum BAB dengan sakit kepala atau masuk angin yang Anda sampaikan. Kemungkinanya adalah karena BAB belum keluar, perut terasa penuh dan Anda tidak lapar. Kurangnya asupan energi, ditambah lagi dengan aktivitas, menyebabkan lemas, sakit kepala, dan keluhan lainnya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar