Sukses

Hidung Tersumbat Pasca Operasi Sinusitis

16 Dec 2014, 10:10 WIB
Wanita, 22 tahun.

Siang Dok, Nama saya suci, saya mau tanya tentang penyakit yang saya alami. Saya punya riwayat sakit sinusitis dan pernah operasi sekali pada tahun 2012. Namun, sekarang saya masih suka mampet dok hidung nya, dan kalau bersin bisa lebih dari 10X. Saya juga sering merasa sakit pada tulang pipi saya. Apakah itu karena efek dari operasi dulu dok? saya khawatir ada luka di dalam rongga hidung dan pipi saya. Sekian dari saya semoga dokter berkenan menjawab. Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sayang sekali kami tidak mengetahui operasi apa yang Anda lakukan sebelumnya karena terdapat beberapa operasi untuk sinusitis dan tiap tindakan operasi pasti memiliki efek samping. Kapankah terakhir Anda melakukan kontrol ke dokter? 

Izinkan kami menjelaskan mengenai sinusitis. Sinus merupakan suatu rongga yang terdapat pada belakang hidung, mata dan dahi, dan pada keadaan normal berada pada kondisi steril. Pada keadaan sakit, dinding mukosa sinus mengalami peradangan atau pembengkakan akibat alergi, infeksi, iritasi bahan kimia, yang menyebabkan sumbatan aliran sekresi, dan jika dibiarkan akan menyebabkan timbulnya infeksi bakteri. Cairan yang tertahan tersebut akan memicu sinusitis.

Terjadinya sinusitis berkaitan dengan 3 faktor di bawah:

  • sumbatan aliran sinus

  • gangguan silia, yang berfungsi mengalirkan cairan sinus tersebut

  • gangguan jumlah dan kualitas cairan mukus

Sebagai akibat dari sumbatan tersebut, maka:

  • terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus

  • kurangnya oksigen akibat hidung tersumbat dan kesulitan bernapas

  • penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Keluhan hidung tersumbat dapat diakibatkan oleh pembengkakan mukosa dinding saluran napas yang dipicu alergi, peradangan atau infeksi (seperti sinusitis atau rhinitis), dan lainnya. Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter THT agar diketahui apakah penyebab hidung tersumbat tersebut berkaitan dengan sinusitis yang masih ada atau dikarenakan penyebab lainnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar