Sukses

Nyeri Dada dan Hiperhidrosis

16 Dec 2014, 15:55 WIB
Wanita, 24 tahun.

selamat siang dok, perkenalkan nama saya kris, saya ingin menanyakan mengenai keluhan nyeri dada di sebelah kanan. beberapa minggu kemarin saya merasakan nyeri dada sebelah kanan, awal mulanya ketika saya mandi terlalu malam. waktu itu saya mengambil air menggunakan gayung, ketika gayung saya angkat untuk saya siramkan air ke tubuh, tiba-tiba rasa nyeri dada datang dan gayung seketika terlepas. setelah itu selama 4 hari saya mengalami sesak nafas, dan ketika saya ambil nafas panjang, rasa nyeri itu muncul. sebenarnya rasa ini sudah saya rasakan sejak tahun 2008, ketika saya mengantarkan adik saya berangkat sekolah pagi2, dada saya ketika terkena hawa dingin langsung nyeri ketika digunakan untuk bernafas, tahun 2007 saya pernah mengalami kecelakaan, waktu itu saya terbanting dengan posisi tengkurap, ketika di rongsen tidak terjadi masalah di bagian dada saya, hanya tangan kiri saya patah. yang saya ingin tanyakan dok, apakah rasa sakit itu ada kaitannya dengan kecelakaan saya? atau memang ada indikasi penyakit di organ dalam saya? memang sampai saat ini saya belum memeriksakan ke dokter. selain itu dok sejak kecil telapak tangan saya berkeringat, mohon jawabannya dokter, terimakasih sebelumnya

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terimakasih karena Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan pertama Anda kami asumsikan sebagai nyeri dada terutama saat udara dingin. Nyeri yang dada Anda bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag. 

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. 

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Pada kasus Anda di mana memiliki riwayat kecelakaan. Kami menduga tidak ada kaitannya dengan kecelakaan yang terdahulu karena pada saat itu kondisi organ dalam Anda dinyatakan baik-baik saja. 

Mengenai keluhan kedua Anda yaitu telapak tangan yang sering berkeringat merupakan suatu keadaan yang disebut hiperhidrosis. Hiperhidrosis merupakan suatu keadaan ketika kelenjar keringat memproduksi keringat berlebih yang seringkali dipicu oleh emosi atau oleh suhu. Seringkali terjadi pada telapak tangan, telapak kaki dan ketiak. Kondisi ini biasanya diturunkan dalam keluarga. 

Keluhan Anda tersebut juga dapat disebabkan banyak kemungkinan, seperti masalah saraf, hormonal dan psikis. Mengenai masalah hormon yang paling sering terjadi adalah gangguan fungsi kelenjar tiroid misalnya pada hipertiroid. Sedangkan pada masalah saraf, dapat terjadi stimulus dari saraf simpatis. Mengenai psikis terjadi karena faktor psikologis (stress).

Apabila keluhan-keluhan Anda semakin memberat dan mengganggu, kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi ke Dokter Penyakit Dalam untuk evaluasi menyeluruh dan lebih lanjut untuk penanganan yang tepat. 

Anda dapat membaca artikel berikut ini untuk menambah wawasan Anda: 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar