Sukses

Gatal di Payudara

15 Dec 2014, 23:50 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, mau nanya. Saya cewek umur 21 tahun. Sudah setahun ini, payudara saya terasa sangat gatal. Dan kadang saya garuk untuk menguranginya dan menyebabkan luka di puting susu. Saya sempat ke dokter kulit yg dianggap terbaik di Surabaya. Katanya ada kemungkinan alergi dengan bra yg saya pakai. Lalu dokter itu memberikan resep obat berupa kapsul dan salep merk Diprogenta. Setelah mengkonsumsi dan rutin mengoleskan salep itu, kulit payudara saya sudah membaik. Tapi itu hanya sesaat, setelah obat dan salep habis, kulit payudara mulai terasa gatal lagi dan terluka lagi. Lalu saya mencoba untuk periksa mungkin ada kanker payudara atau sebagainya. Tapi hasilnya tidak ada tanda2 adanya kanker, jadi ini murni penyakit kulit. Padahal kulit payudara tidak menunjukkan tanda adanya alergi dsb. Gimana cara mengatasinya dok? Mohon jawabannya, terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Keluhan yang Anda rasakan berupa gatal pada puting payudara dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti: iritasi (akibat pakaian dalam, gesekan), alergi, hingga infeksi, dll. Kami menduga gatal tersebut kemungkinan timbul akibat iritasi dari pakaian dalam yang Anda kenakan.

Untuk itu, Anda dapat mencoba:

  • Menjaga kebersihan dan kekeringan pakaian Anda (termasuk pakaian dalam).

  • Jangan mengenakan pakaian yang terlalu longgar atau terlalu ketat dan berbahan kasar karena akan semakin mengiritasi puting payudara Anda bila bergesekan.

  • Hindari tindakan menggaruk yang hanya dapat menambah iritasi puting payudara Anda.

  • Cobalah menggunakan krim pelembab di sekitar puting Anda.

Bila setelah melakukan tips-tips tersebut keluhan tidak mengalami perbaikan, kami sarankan Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter umum untuk pemeriksaan fisik mendetil dan tatalaksana yang lebih optimal. Gatal pada puting payudara yang digaruk tidak akan menyebabkan tumor atau kanker payudara. Namun, jika keluhan terus mengganggu dan berlanjut maka sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar