Sukses

Tidak Haid Karena Pakai KB

16 Dec 2014, 15:18 WIB
Wanita, 30 tahun.

mau tanya dok,tadinya pengguna kb suntik 3 bulan sudah 4 tahunan dan saya tidak mengalami mens sama sekali,akhirya saya ganti ke pil kb yasmin,di pil kb yasmin kan ada jeda 7 hari selanjutnya baru meminum pil berikutnya.yg saya tanyakan saya kan tidak mengalami haid meskipun berhenti slama jeda tersebut,apakah bisa terjadi kehamilan saat saya melakukan hubungan dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Jeda 7 hari meupakan waktu bebas hormon yang sudah diperhitungkan dalam pemakainan kontrasepsi hormonal. Sehingga, jika telah digunakan dengan benar, maka Anda tidak perlu khawatir akan terjadi kehamilan. Hal ini dikarenakan cara kerja KB pil pada prinsipnya adalah mencegah ovulasi (pelepasan sel telr), membuat rahim tidak siap menerima hasil pembuahan, dan mencegah pertemuan sel telur dan sperma.

Memang salah satu efek samping dari KB pil ini adalah berhenti haid (amenore). Walaupun merupakan hal yang jarang terjadi pada pil kombinasi, namun hal ini masih dianggap wajar.

Untuk memastikannya, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan tes kehamilan, dengan testpack atau pemeriksaan langsung oleh dokter, Karena bukan tidak mungkin terjadi kehamilan, walaupun telah menggunakan KB dengan baik dan benar.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar