Sukses

Mengatasi Air Ketuban Kurang dan Menambah Berat Badan Janin
24 Feb 2016, 10:44 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok' Bagaimanakah cara mengatasi air ketuban yg kurang ? Dan bagmn cra menambah berat badan janin ? Trims

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi di KlikDokter.

Silakan klik next untuk melanjutkan ke penjawaban dr. Puspita Komala Sari.

Mengatasi Air Ketuban Kurang dan Menambah Berat Badan Janin

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Air ketuban yang berkurang/sedikit di dalam dunia medis dikenal dengan nama oligohidramnion. Air ketuban adalah cairan yang dihasilkan oleh janin dan selaput yang mengelilinginya. Oligohidramnion dapat disebabkan karena kehamilan lewat waktu, gangguan pertumbuhan pada janin, penyakit ibu (tekanan darah tinggi, diabetes), atau gangguan ginjal pada janin. 

Oligohidramnion dapat menyebabkan gangguan tumbuh-kembang pada janin atau komplikasi selama kehamilan. Hal ini harus terus dipantau oleh dokter untuk memastikan kadar air ketuban cukup dan perkembangan janin sesuai dengan masa kehamilan. Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah meningkatkan asupan makanan sehat dengan gizi seimbang, tingkatkan asupan cairan, banyak istirahat, hindari merokok atau perokok pasif, dan selalu berkonsultasi ke dokter apabila terjadi tanda-tanda gangguan pada kehamilan.

Untuk dapat menambah berat badan janin, salah satu hal yang paling penting diketahui adalah penyebab, mengapa janin dalam kandungan memiliki berat badan yang kurang. Dengan demikian akan mudah mengambil langkah untuk meningkatkan berat badan janin. Kami sarankan untuk menambah asupan nutrisi bagi ibu hamil dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak tak jenuh dan kalsium selama masa kehamilan.

Berikut ini adalah cara menambah berat badan janin dalam kandungan :

  1. Minumlah susu untuk Ibu hamil setiap hari secara rutin pagi dan sore hari atau malam sebelum tidur .
  2. Perbanyak mengkonsumsi konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran setiap hari.
  3. Mengkonsumsi daging ayam atau sapi yang sehat untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh selama masa kehamilan.
  4. Perbanyak mengkonsumsi ikan laut sepeti ikan salmon, ikan tenggiri dan lain sebagianya.
  5. Minum suplemen atau multivitamin untuk Ibu hamil yang diresepkan oleh dokter .
  6. Hindari minuman bersoda.
  7. Hindari makanan yang pedas.
  8. Perbanyak minum air putih serta olahraga yang seimbang.

Untuk mengevaluasi tumbuh kembang janin serta kondisi kandungan Anda, kami sarankan agar Anda rutin memeriksakan kehamilan pada fasilitas medis terdekat agar perkembangan janin selalu terpantau. Dan segeralah ke dokter jika mengalami gangguan kehamilan yang tidak diinginkan. Jangan mengkonsumsi segala bentuk obat atau produk nutrisi tanpa sepengetahuan dokter.

Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai nutrisi dalam kehamilan melalui Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki. Anda juga dapat menggunakan fitur Kalender Kehamilan yang berisikan info kehamilan dari minggu 1-40 beserta tipsnya di halaman depan website kami. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

1 Komentar

  • Lndry Oktavia Indri

    Aslm sy indry,,, sy hamil udh 6bln, dr wktu sy hamil 5bln janin sy udh bergerak,,,msuk k 6bln gerakan nya menghilang Satu bln lbh g bergerak kata dokter sy g ada Air ketuban bocor,,, tp periksa jantung msih bagus, sy takut ank sy kenapa napa nntinya,,, dokter g bertindak apa apa,,, minum yg byk itu