Sukses

Furosemide

29 Oct 2014, 11:02 WIB
Pria, 65 tahun.

Dok apa kegunaan dan dampak ferosemide, trims

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Sebelumnya saya ingin menyakan kepada Anda, apakah yang Anda maksud adalah Furosemide?

Furosemide adalah obat yang berfungsi sebagai diuretic. Diuretic merupakan obat yang digunakan untuk mengurangi cairan di dalam tubuh dan membuangnya melalui saluran kemih. Furosemid bekerja di ginjal dengan menghambat penyerapan garam dan elektrolit sehingga air terikat dengan garam tersebut dan tidak bisa diserap oleh ginjal. Akibatnya air akan dibuang melalui mekanisme buang air kecil.

Furosemid digunakan pada pasien yang mengalami edema (penumpukan cairan berlebihan di dalam tubuh) atau kelebihan asupan cairan. Cairan yang berlebihan akan bertumpuk di tubuh, terutama paru-paru, perut, dan anggota gerak. Penumpukan cairan pada paru-paru akan menyebabkan pasien sesak nafas dan mengancam jiwa. Cairan di perut akan menyebabkan pembesaran perut dan sesak nafas karena penekanan ke paru-paru. Cairan yang berlebihan di anggota gerak mengakibatkan kaki menjadi bengkak

Beberapa kontraindikasi pemakaian furosemid yaitu riwayat alergi dengan furosemid, hipotensi dan keadaan anuria (kondisi dimana seseorang menghasilkan air seni atau urin < 100 ml per 24 jam). Penggunaan furosemid harus hati-hati pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal, gangguan hati, kekurangan elektrolit, dan kekurangan cairan atau dehidrasi. Wanita hamil dan menyusui tidak disarankan menggunakan furosemid.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (MP)

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar