Sukses

BAB Berdarah dan Penanganannya

16 Dec 2014, 17:29 WIB
Pria, 21 tahun.

dok saya mau tanya , akhir akhir ini istri saya sering sekali buang air besar di sertai dengan darah , dan terkadang yang keluar hanya darah dari anusnya... keluarnya darah tersebut tidak terasa peih di perut , cuma seperti terasa mau buang air ternyata yang keluar darah , istri saya tidak dalam keadaan panas badannya , mohon solusinya , dan itu termasuk sakit apa , dan obatny apa ? terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Buang air besar yang normal seharusnya tidak mengeluarkan darah. Bila mengeluarkan darah, perlu diperhatikan: Apakah darah keluar setelah selesai buang air besar? Menetes? Berapakah perkiraan banyak darah yang keluar? Ataukah darah keluar bersamaan dengan tinja? Apakah mengalami kesulitan buang air besar?

Kemungkinan yang dialami istri Anda adalah ambeien/wasir atau dalam istilah kedokteran disebut hemoroid. Keadaan ini umumnya ditandai olehadanya benjolan di dubur. Berdasarkan atas asal benjolannya, hemorrhoid dapat dibedakan menjadi hemorrhoid internal dan hemoroid eksternal.

Hemoroid eksternal dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa, umumnya akan menimbulkan keluhan nyeri, dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang ditimbulkan adalah berupa gatal. Hemoroid jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Pada keadaan ini umumnya penderita akan mengeluhkan nyeri yang lebih hebat dan dapat disertai perdarahan.

Beberapa keadaan yang dapat menyebabkan ataupun memperberat hemoroid antara lain terlalu banyak duduk, susah buang air besar, proses melahirkan, pembesaran prostat, terlalu sering mengangkat benda berat, dsb. Kesalahan makan juga dapat menyetuskan timbulnya gejala-gejala hemorrhoid, terutama jarang mengonsumsi serat dan kurang asupan cairan.

Yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah perubahan gaya hidup. Yang dimaksud disini dengan perubahan gaya hidup diantaranya adalah minum banyak air (8 gelas/hari), makan makanan yang mengandung banyak serat, olahraga, mengurangi mengedan dan jangan menunda BAB.

Kami sarankan istri Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah agar dapat dilakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan. Penegakkan diagnosis secepat mungkin dapat mencegah banyak komplikasi yang tidak diinginkan.

0 Komentar

Belum ada komentar