Sukses

Efek Psikis pada Korban Pemerikosaan

13 Dec 2014, 12:15 WIB
Pria, 25 tahun.

dok, kalo korban pemerkosaan apa bisa membuat si korban menjadi stres, trus sifatnya bisa berubah total? bagai mana cara menyembuhkannya dok?

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pemerkosaan adalah suatu tindakan pidana yang harus dihukum setimpal sesuai dengan hukum yang berlaku. Pemerkosaan pada dapat menimbulkan gangguan fisik dan terutama adalah psikis. Gangguan fisik dalam hal ini adalah perlukaan dari alat kemaluan akibat pemaksaan dan tindakan kekerasan. Selain itu perkosaan juga dapat meningkatkan risiko terjadinya penularan penyakit infeksi menular seksual apabila terjadi penetrasi penis ke vagina. 

Gangguan lain yang tidak kalah pentingnya adalah gangguan psikis atau trauma. Trauma yang terjadi dapat menyebabkan penderita menjadi frigid atau dingin di dalam hubungan seksual, tidak tertarik untuk menjalin hubungan, vaginismus (vagina menyempit), dll. Hal ini juga dapat mengganggu siklus reproduksi. Selain itu, trauma tersebut juga dapat menyebabkan stress serta perubahan perilaku menjadi lebih tertutup, pendiam dan mungkin memiliki kecurigaan berlebih terhadap orang lain. Hal ini dapat disebut dengan Post Traumatik Stress Disorder(PTSD). PTSD merupakan gangguan pada seseorang yang dialami dan berkembang setelah pengalaman, atau menyaksikan suatu kejadian yang mengancam jiwa, mencederai luka, atau ancaman terhadap integritas dari tubuh, biasanya diiringi dengan ketidakmampuan seseorang untuk beradaptasi.

Dibutuhkan penanganan secara holistik baik fisik maupun emosional bagi penyintas pemerkosaan. Kunjungilah psikolog atau dokter spesialis psikiatri untuk mendapatkan bantuan mengenai masalah ini.

Berikut kami sertakan artikel mengenai Post Traumatic Stress Sindrom untuk menambah informasi Anda mengenai PTSD.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga membantu.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar