Sukses

Khawatir Apabila Hamil

18 Dec 2014, 09:58 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dokter, saya dan suami baru menikah belum lama ini. Karena tuntutan kerja, saya saat ini belum ingin untuk mempunyai momongan. Akan tetapi, beberapa hari lalu saya dan suami melakukan hubungan intim tanpa alat kontrasepsi. Walaupun saat ejakulasi, suami saya tidak melakukannya didalam, saya tetap khawatir apabila saya akan hamil. Apa ada solusi untuk ini dok? terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Untuk dapat terjadinya kehamilan, harus melewati proses pembuahan (pertemuan sperma dari laki-laki dan sel telur oleh wanita). Untuk itu harus ada sperma yang sehat, sel telur yang matang, dan waktu berhubungan badan yang tepat yaitu saat masa subur. Jika Anda ingin menunda kehamilan tanpa Alat KB, maka dapat menggunakan metode alamiah, salah satunya adalah metode kalender. Untuk menggunakan metode ini yang Anda perlu lakukan adalah menghindari berhubungan intim dengan suami pada masa subur tersebut.

Baca pula artikel-artikel berikut untuk menambah informasi Anda. 

Jika Anda khawatir akan terjadinya kehamilan, tanda pertama yang harus Anda amati adalah terlambat haid. Bila terjadi kehamilan, tidak mungkin terjadi haid. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • ·         sering berkemih
  • ·         pembesaran dan nyeri payudara
  • ·         mual
  • ·         perasaan lelah
  • ·         daerah sekitar puting susu menghitam
  • ·         peningkatan suhu tubuh
  • ·         flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim
  • ·         dsb

Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  • ·         terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  • ·         terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  • ·         terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Untuk memastikan apakah terjadi kehamilan pada diri Anda perlu dilakukan pemeriksaan pasti karena gejala-gejala lainnya hanya merupakan pertanda tidak pasti. Kami sarankan jika Anda terlambat haid lebih dari 2-3 minggu sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan jika memang tidak ingin menggunakan testpack terlebih dahulu.

Sementara itu Anda juga bisa menggunakan Test pack untuk mendeteksi kehamilan. Namun, testpack juga dapat menunjukkan hasil negatif palsu (hasilnya negatif, namun terdapat kehamilan) ataupun positif palsu (hasilnya positif, namun tidak disertai kehamilan).

Oleh sebab itu testpack dapat dilakukan kembali setelah ada keterlambatan lebih dari 1 minggu (sesuai siklus menstruasi). Masih juga ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah atau pemeriksaan USG untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar