Sukses

Kejang Pasca Stroke

11 Dec 2014, 16:53 WIB
Wanita, 53 tahun.

Ibu sya stroke bulan Juni lalu. Setelah 3bln rehabilitasi dan pemulihan di rumah ibu saya mengalami kejang 1kali. Saya mau tnya apakah kejang tersebut berpotensi berulang? Terima ksh.

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan akan kondisi ibu Anda. Terdapat beberapa keadaan lanjut yang dapat terjadi akibat stroke, salah satunya adalah kejang. Hal ini diyakini terjadi sebagai akibat terbentuknya skar (jaringan parut) dari penyembuhan jaringan otak yang kemudian menyebabkan gangguan hantaran aktivitas listrik otak.

Sebuah studi mengenai kejang yang dialami setelah stroke (Seizures After Stroke Study / SAAS) oleh Universitas Toronto di Kanada, menunjukkan bahwa 2,5% pasien stroke dapat berkembang menjadi epilepsi (kejadian kejang > 1x dalam 24 jam). Oleh karena itu diperlukan evaluasi lebih lanjut mengenai penyebab kejangnya. Apakah terjadi akibat strokenya atau merupakan suatu kondisi medis lain yang terpisah dari stroke.

Diskusikan hal ini dengan dokter spesialis saraf ibu Anda, sekaligus untuk merencanakan terapi rehabilitasi fungsi organ tubuhnya. Proses pemulihan paling cepat terjadi dalam 3 bulan pertama setelah stroke, tetapi perkembangan dapat terus berlanjut hingga satu tahun. Bahkan beberapa mengalaminya secara lambat dalam beberapa tahun. Untuk itu, diperlukan komitmen yang kuat baik dari ibu Anda dan keluarga dalam prosesnya.

Berikut terdapat artikel yang berkaitan dengan stroke untuk menambah informasi Anda :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar