Sukses

Berat Badan Anak Kurang

13 Dec 2014, 11:49 WIB
Wanita, 27 tahun.

Anak saya putri8bln beratny hny 6,4kg.sy sdh konsul k sp.a dan disuruh utk tes darah lnjut mantoux tp hslny trnyt nihil.tp sy msh galau knp bb anak sy tdk normal.apa sy perlu pemeriksaan lnjut lg?mksh sblmny..

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami mengajukan pertanyaan. Bagaimana perkembangan berat badan anak Anda sejak lahir? Apakah anak Anda mendapat ASI eksklusif? Makanan pendamping ASI apakah yang anak Anda konsumsi sehari-hari? Bagaimana dengan jadwal makannya?Bagaimanakah aktivitas fisik anak Anda? apakah anak Anda memiliki keluhan dalam kesehatannya seperti demam, diare, muntah, batuk lama atau keluhan lain?

Untuk anak usia 6-12 bulan rata-rata pertumbuhan berat badan adalah 50-80 grams/minggu. Menurut tabel pertumbuhan berat badan (WHO) di usia 8-9 bulan, untuk anak perempuan antara (7.9-8.2 kg) dengan berat badan ideal 8,2 kg. Untuk panjang badan usia 8-9 bulan , perempuan 70 cm dan laki-laki 72 cm. Berdasarkan rujukan tersebut, kondisi berat badan anak Anda termasuk kurang untuk berat badan rata-rata anak seusianya. Namun, karena Anda tidak menyebutkan berapa panjang badan anak Anda, maka kami tidak dapat memastikan apakah berat badan anak Anda ideal atau tidak jika dibandingkan dengan panjang badannya.

Memasuki usia 8 bulan, anak Anda sebaiknya mulai mengonsumsi makanan padat dengan diperkenalkan terlebih dahulu buah-buahan atau tim saring. Konsumsi makanan padat akan membantu pertumbuhan anak Anda lebih cepat. Contoh jadwal makan anak berusia 8 bulan dapat Anda lihat melalui artikel 'Jadwal Makan Bayi' yang terdapat di dalam Rubrik Tumbuh Kembang Anak kami.

Apabila dengan melakukan perbaikan pola dan jenis makanan yang diberikan berat badan anak Anda tidak kunjung naik, sebaiknya Anda mengkonsultasikan lebih lanjut kondisi anak Anda ke dokter spesialis anak Anda ataupun dokter spesialis gizi untuk evaluasi lebih lanjut penyebab yang mendasari dan tatalaksana yang optimal.

Untuk panduan informasi lengkap Anda mengenai tumbuh kembang anak seperti pertumbuhan tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, serta berbagai informasi lainnya seperti jadwal imunisasi, Anda dapat mengunjungi Rubrik Tumbuh Kembang yang kami miliki, Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak Anda untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.

Berikut i sertakan beberapa artikel untuk menambah pengetahuan Anda :

Mengatasi Anak Susah Makan

Trik Selera Makan Anak

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

Salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar