Sukses

Konsumsi Vitamin Yang Tepat

07 Dec 2014, 11:45 WIB
Pria, 20 tahun.

Maaf, saya mau tanya kira2 dalam menkonsumsi vitamin agar supaya tubuh tetap vit dan tidak bermasalah dalam pengkonsumsian obat itu yang baik dan benar seperti apa ya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Vitamin sebenarnya merupakan suplemen yang fungsinya adalah sebagai pelengkap sehingga tidak dianjurkan untuk terlalu mengandalkan suplemen saja. Tetap yang paling utama adalah kandungan gizi yang terdapat pada makanan, baik makanan utama, sayuran, buah-buahan dam sumber mineral. Perhatikan jumlah kalori pada makanan agar selalu tercukupi disertai nutrisi yang baik (seimbang dari segi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral). Selain itu untuk menjaga tubuh tetap fit, juga dibutuhkan istirahat yang cukup, minum air putih yang cukup dan kegiatan olahraga rutin.

Jika setelah menjalani kebiasaan tersebut tubuh Anda masih dirasa kurang fit, perlu dicari kemungkinan adanya penyakit yang mendasari, kemudian baru dapat diberikan suplemen vitamin. Saat membeli suplemen vitamin yang aman, selalu memperhatikan bahan yang tercantum di labe kemasanl. Mayoritas suplemen saat ini tidak hanya mengandung vitamin dan mineral tapi juga herbal, enzim, dan asam amino. Sebelum memilih suplemen yang tepat, temuilah dokter untuk meminta saran suplemen yang tepat diberikan pada kondisi tubuh Anda.

Pertimbangkan tips di bawah ini sebelum membeli suplemen vitamin:

  • Jangan mudah percaya pada iming-iming iklan.
  • Perhatikan dosisnya. Beberapa produk sangat berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah banyak.
  • Berhati-hatilah pada pernyataan di label obat seperti: Aman, cepet menyembuhkan, alami, dan tidak memiliki efek samping.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar