Sukses

Minum Obat Dicampur Susu

28 Oct 2014, 11:16 WIB
Wanita, 33 tahun.

Apa dampak dari obat yang dicampur dengan susu untuk anak? Apa solusinya bila anak tiap minum obat tidak dimuntahkan kembali. Sudah dicampur sirup tetap tidak mau

 

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Agar obat dapat bekerja secara efektif maka harus dikonsumsi dengan cara yang benar dan aman. Interaksi antara obat dengan makanan dapat menurunkan atau meningkatkan efektivitas obat. Terkadang ketidaktahuan tentang cara meminum obat yang benar dapat mengakibatkan obat tidak bekerja dengan baik bahkan obat gagal memberikan efek yang diharapkan ke tubuh.

Konsumsi susu berbarengan dengan obat-obatan dapat menganggu penyerapan obat sehingga menurunkan khasiat obat. Berikut adalah interaksi beberapa obat dengan susu:

 

  • Hindari konsumsi antibiotik berbarengan dengan produk yang mengandung susu, karena kandungan kalsium dan magnesium dalam susu dapat menghampat penyerapan antibiotik. Antibiotik golongan tetrasiklin dan ciprofloxacin merupakan antibiotik yang memiliki interaksi cukup besar dengan susu.
  • Obat-obatan anti tumor seperti mercaptopurine jika dikonsumsi bersamaan dengan susu dapat menurunkan efektivitasnya, sehingga sebaiknya diberikan jarak antara minum susu dengan pemberian mercaptopurine.
  • Susu mencegah penyerapan penuh zat besi.

 

Pada dasarnya beberapa obat sebaiknya memang tidak dikonsumsi dengan susu, namun ada beberapa jenis obat yang tidak bermasalah atau tidak berinteraksi bila diminum dengan susu.  Sebaiknya memang konsumsi obat tidak dicampur ke dalam susu, tapi konsumsi obat dengan air putih. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar