Sukses

Telinga Tidak Mendengar

04 Nov 2014, 13:05 WIB
Pria, 44 tahun.

teelinga kiri sy tidak mendengar menurut dokter tht di mks di dalam telinga sy ada lubang dan kadang mengeluarkan bau, apakah bisa sembuh dan dapat mendengar kembali

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.
 
Terimakasih atas pertanyaan Anda. Apakah diagnosis terakhir dari dokter Anda? Apakah saat ini Anda mengonsumsi obat dari dokter (seperti antibiotik atau obat tetes)? Apakah terdapat cairan atau nanah yang keluar dari telinga? Jika lubang yang dimaksudkan adalah lubang pada membran timpain (gendang telinga) maka kemungkinan Anda mengalami suatu infeksi seperti OMSK (Otitis Media Supuratif Kronik). OMSK adalah  infeksi kronik di telinga tengah dengan perforasi membran timpani dan sekret berbau yang keluar dari telinga tengah terus-menerus atau hilang timbul. Sekret dapat encer atau kental, bening atau berupa nanah. 

Penyakit ini perlu segera ditangani dengan adekuat. Bila masih keluar cairan terus menerus maka perlu dilakukan pencucian telinga dan diberikan obat tetes telinga dan antibiotik minum. Sumber infeksi yang menyebabkan terjadinya OMSK harus terlebih dahulu ditangani dengan baik. Setelah cairan/sekret kering, baru kemudian dapat dilakukan operasi miringoplasti atau timpanoplasti. Operasi ini bertujuan untuk menghentikan infeksi secara permanen, memperbaiki membran timpani (gendang telinga) yang robek/pecah, memperbaiki pendengaran dan mencegah terjadinya kerusakan pendengaran yang lebih berat.  

Untuk kerusakan gendang telinga yang lebih ringan biasanya dikerjakan miringoplasti yang hanya memperbaiki gendang telinga saja. Sedangkan untuk kerusakan yang lebih berat perlu dilakukan operasi timpanoplasti yang juga dilakukan pada tulang-tulang pendengaran, dan tidak jarang perlu dilakukan beberapa tahap operasi. 

Tergantung dari kerusakan atau bolong yang dialami pada gendang telinga serta waktu mengalaminya, dokter spesialis THT akan melakukan observasi untuk melihat apakah membran tersebut dapat menyambung kembali secara alami atau harus melalui operasi. Jika ternyata cukup besar dan sudah terlalu lama terjadi maka diperlukan operasi.

Kami menyarankan agar Anda kembali memeriksakan keadaan telinga ke dokter spesialis THT yang pernah menangani Anda. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar