Sukses

Sedih dan Stress Tiba-tiba, Kadang Disertai Halusinasi

09 Dec 2014, 21:32 WIB
Wanita, 16 tahun.

permisi dok. sya pelajar umur 16th. saya mau tanya tentang mood sya dok. gini, saya sering sekali merasa sedih bahkan stress secara tiba" tanpa tahu sebabnya. apa yg terjadi pada saya ya dok? mohon jawabannya. terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kemungkinan yang Anda alami adalah gangguan bipolar. Gangguan Bipolar yaitu perubahan mood yang berganti ganti dari perasaan sangat bahagia berubah menjadi depresi. Apakah Anda pernah mengalami rasa bahagia tanpa sebab? Atau mungkin juga Anda mengalami gangguan depresi (sedih terus menerus). Kedua gangguan ini (bipolar dan depresi) dapat juga disertai dengan halusinasi ataupun tidak. Untuk memastikannya diperlukan wawancara lebih lanjut untuk memastikan diagnosis apakah Anda memang mengalami kelainan bipolar atau tidak. 

Kelainan ini biasanya memang ditemukan pada akhir masa remaja atau awal masa dewasa. Hingga saat ini belum ditemukan obat yang mampu menyembuhkan kelainan bipolar, namun kelainan ini dapat dikontrol dengan pemberian terapi non-farmakologi (tanpa obat) dikombinasi dengan pemberian terapi farmakologi (dengan obat-obatan) secara terus menerus. Terapi non-farmakologi yang dapat dilakukan antara lain dengan Psikoterapi dan dengan melakukan berbagai usaha-usaha untuk mengurangi stres, seperti dengan relaksasi, yoga, berolah raga, dll. Sementara obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengontrol kelainan ini adalah obat-obatan mood stabilizer. 

Faktor penyebabnya adalah:

  • Genetik
  • Terganggunya keseimbangan cairan kimia utama di dalam otak yaitu Norepinephrin, dopamine, dan serotonin
  • Faktor eksternal lingkungan seperti stress, obat anti depresan, penyalahgunaan zat narkotika, kurang tidur. 
  • Faktor psikologis

Untuk mendapatkan hasil pengobatan yang optimal, kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis psikiatri. Wawancara lebih lanjut dengan dokter psikiatri akan memastikan diagnosis kelainan bipolar yang Anda alami. Selain itu, penggunaan obat-obatan mood stabilizer pun hanya bisa diberikan dengan resep dokter dan perlu pemantauan ketat serta penyesuaian dosis oleh dokter psikiatri.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar