Sukses

Batuk Pilek Pada Anak

28 Oct 2014, 10:14 WIB
Wanita, 30 tahun.

Anak flu batuk. Banyak lendir. Obatnya apa ya? Dan multivitamin apa untuk meningkatkan daya imun anak agar tidak mudah sakit

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Salam kami untuk kedua buah hati Anda.

Batuk dan pilek pada anak, pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus akan sembuh sendiri (self limiting disease)  dan umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Jika memang ada penderita flu di sekelilingnya, maka anak akan sangat potensial untuk sering mengalami batuk-pilek. Kemungkinan kedua penyebab batuk pilek pada bayi adalah alergi.

Menghirup uap panas juga banyak membantu saat mengalami batuk dan pilek sehingga terasa lebih nyaman. Anda juga dapat mengoleskan minyak kayu putih atau minyak telon pada dada anak Anda sehingga anak terasa lebih nyaman dan hangat.  Jagalah lingkungan agar tetap lembab dan jangan sering menggunakan ruangan berAC (kering).

Untuk mencegah agar anak tidak sering batuk-pilek maka seringlah cuci tangan sebelum menggendong anak, hindari anak berkontak dengan penderita flu, dan jaga kebersihan di rumah. Hal ini penting karena, ya, memang anak dapat tertular batuk dan pilek dari Ibu maupun pengasuh maupun orang sering dekat dengannya. Mengenai vitamin untuk anak Anda, berikan saja anak Anda makanan yang tinggi kandungan gizinya seperti sayur-sayuran, buah, daging (seperti ayam), telur, serta apabila anak Anda sedang sakit anak Anda harus lebih banyak istirahat. Untuk membantu mengeluarkan lendir Anda dapat memberikan anak Anda air putih hangat serta biarkan anak Anda berjemur di pagi hari selama 15-20 menit (saat matahari pagi yaitu sebelum jam 08.00).

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca terkait batuk dan pilek:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar