Sukses

Kapan Menghentikan Pemakaian Obat Glaukoma

09 Dec 2014, 23:06 WIB
Pria, 56 tahun.

saya diindikasikan kena Glukoma, periksa pertama tekanan bola mata 50, sebulan kemudian turun 17, setelah diberi obat tetes Azarga. pertanyaan saya, sampai brp lama saya bisa pakai obat tetes tsb.? terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Glaukoma adalah salah satu penyakit mata yang diakibatkan karena kenaikan tekanan bola mata dan menimbulkan kerusakan saraf penglihatan. Serabut saraf ini berfungsi membawa informasi dari lapisan retina yang sensitif terhadap sinar, menuju otak agar dapat diterima sebagai gambar yang dapat kita lihat.

Penyebab dari meningkatnya tekanan bola mata adalah karena ketidakseimbangan antara produksi dan pembuangan cairan dalam bola mata, sehingga berdampak pada kerusakan syaraf yang terdapat di retina. Glaukoma umumnya terjadi karena adanya hambatan pada aliran keluar cairan bola mata (aqueous humour). Aqueous humour terus diproduksi oleh badan siliar mata. Jika aliran keluar Aqueous humour  terganggu karena beberapa sebab maka cairan tersebut akan meningkatkan tekanan bola mata. Peningkatan tekanan bola mata untuk waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan pada saraf mata dan penyempitan lapang pandang sehingga terjadilah glaukoma. Jika kerusakan tersebut terus terjadi, maka terjadilah kebutaan.

Dokter Anda akan memberitahu Anda ketika , atau jika , Anda harus berhenti menggunakan obat anti glaukoma. Pada umumnya terapi glaukoma merupakan terapi jangka panjang, Anda mungkin perlu untuk menggunakannya selama bertahun-tahun , atau tanpa batas waktu.

Namun , jika Anda mengalami efek samping dari terapi ini, dokter dapat mengubah dosis Anda , meresepkan obat yang berbeda , mengkombinasikan dengan obat lain atau merekomendasikan jenis yang berbeda dari pengobatan Anda saat ini. Untuk itu, lakukanlah pemeriksaan rutin sesuai saran dokter spesialis Mata Anda.

Berikut ini Kami lampirkan beberapa artikel terkait:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar