Sukses

Batuk Lebih Dari 2 Bulan

11 Dec 2014, 23:18 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat malam Dok, saya ingin tanya dok, saya sudah lebih dari 2 bulan terkena batuk dok, sesak nafas dan sering keluar keringat terutama di malam hari saya sudah berobat ke dokter dan dikasih ambroxol hcl 30 mg ciprofloxacin 500, cetirizine 2 hcl 10 mg, dan vadrol methylprednisolone 4 mg, tapi belum sembuh, akhirnya saya berobat lagi ke klinik lain dan dikasih ciprec 500 mg, dan deksametason 0,5 mg. tapi belum sembuh juga. bagaimana solusinya dok?

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sebelumnya kami perlu menyanyakan beberapa informasi, Apakah batuk terus menerus? Atau hanya di malam atau pagi hari? Apakah ada sesak, demam, penurunan berat badan, keringat malam, batuk darah, nyeri dada? Apakah ada riwayat asma/alergi/ maag? Sudahkah Anda melakukan pemeriksaan dahak?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  1.  Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)

  2.  Asma

  3.  Infeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infkesi sinus

  4.  Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)

  5.  GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung. 

  6. Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor) 

  7. Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung)

Jika Anda belum melakukan pemeriksaan dahak, kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan sputum BTA. Kami menganjurkan agar sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk melakukan evaluasi lebih lanjut mulai dari wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang diagnosis yang diperlukan seperti pemeriksaan Basil Tahan Asam(BTA), foto thorax(rontgen dada), pemeriksaan darah ataupun pemeriksaan lain yang mungkin diperlukan. Dengan demikian, penyebab pasti keluhan Anda dapat diketahui dan Anda akan mendapat penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya. 

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat:

8 Penyebab Batuk Kronis

Tuberkulosis Paru (TBC Paru)

Bronkitis

Demikian jawaban yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar