Sukses

Tata Cara Minum Pil KB

10 Dec 2014, 13:21 WIB
Wanita, 20 tahun.

Malam dok,mau tanya...sy bru mnikah dan menunda momongan.jd sy mnggunakan pil kb,,yg ingin sy tyakan,kalau mslnya brhubungan 1 kali,dan minum pil hy 2hri stelahnya,dan hbsitu berhenti mnum pil,bisa trjd khamilan ya dok? Trmksh dok,

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kesempatan tinggi untuk terjadinya kehamilan adalah diwaktu subur, yaitu 14 hari sebelum haid bulan berikutnya, ditambahkan 5 hari kedepan, dan 1 hari kebelaknagnya. Padaa saat ini kesempatan sperma untuk bertemu dengan sel telur sangatlah besar sehingga dapat terjadi pembuahan, dan terjadilah proses kehamilan. Apakah Anda berhubungan diwaktu subur? Jika ya, tidak disarankan untuk mengkonsumsi pil kontrasepsi.

Terdapat dua jenis kontrasepsi pil, yaitu pil kominasi dan mini pil (pil progestin). Untuk penggunaan pil kombinasi, walaupun bisa sebagai kontrasepsi darurat, sebaiknya diyakinkan dahulu bahwa Anda tidak hamil atau dicurigai hamil. Waktu mulai sebaiknya pada hari pertama sampai hari ke 7 siklus Haid. Boleh menggunakan pada hari ke 8, tetapi perlu menggunakan metode kontrasepsi yang lain (kondom) mulai hari ke 8 hingga hari ke 14 atau tidak melakukan hubungan seksual sampai Anda telah menghabiskan paket pil tersebut.

Untuk mini pil, boleh digunakan setiap saat asal tidak hamil atau dicurigai hamil. Dapat dimulai pada hari pertama sampai hari ke 5 siklus haid. Bila dimulai pada hari ke 5 siklus haid, jangan melakukan hubungan seksual selama 2 hari atau menggunakan metode kontrasepsi lain untuk 2 hari saja.

Sedangkan jika yang Anda maksud adalah kontrasepsi darurat (kontrasepsi yang dapat mencegah kehamilan bila digunakan segera setelah berhubungan seksual), hanya efektif jika digunakan dalam 72 jam sesudah berhubungan seksual tanpa perlindungan. Jika menggunakan pil kombinasi dan minipil, harus diulangi untuk dosis kedua 12 jam kemudian. Jika menggunakan pil estrogen juga dimulai dalam waktu 3 hari pascasenggama dan diteruskan selama 5 hari. Sedangkan jika menggunakan mifepriston, hanya diperlukan 1 kali dosis dalam 3 hari pascasenggama.

Kontraspsi darurat tidak dianjurkan sebagai metode KB secara rutin atau terus menerus. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap melakukan pemeriksaan jika mengalami tanda-tanda kehamilan seperti terlambat haid, mual-mual, dan tanda lainnya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar