Sukses

Lingkar Kepala Bertambah Cepat

28 Oct 2014, 09:24 WIB
Pria, 27 tahun.

Slmt mlm dokter. Anak kmi laki2 umur 10bln. Gol drah A. Memiliki lingkar kpla lahir 33cm saat ini 48cm. Pnya keturunan dr keluarga istri sya berkepala besar. Anak yg sgt aktf. Pernah jatuh. Sejauh ini tdk ad keluhan. Yg ingin sya tnykan. Ap yg hrus kmi lakukan? Kmn kmi hrus melangkah? Jika dilkukan observasi btuh wktu brp lma? Tks dok

 

Terima kasih atas kesetiaan Anda menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mengukur lingkar kepala bayi dapat dilakukan dengan mengukur dengan meteran kain mulai dari dahi melingkar ke bagian belakang. Ukuran rata-rata lingkar kepala untuk bayi perempuan umumnya antara 31-38 cm, bayi laki-laki 32-36 cm. Ukuran lingkar kepala bayi akan bertambah sebanyak 2-3 cm setiap bulannya untuk 3 bulan pertama, 1 cm setiap bulannya untuk 3 bulan berikutnya dan akan terus melambat seiring dengan bertambahnya usia.

Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan pertambahan lingkar kepala secara cepat adalah : 

  • Benign Familian Macrocephaly (Memiliki keluarga dengan turunan kepala besar)
  • Hidrocepahlus
  • Canavan Disease
  • Hurler Syndrome
  • Morquio Syndrome 
  • Pendarahan Pada Kepala

Ada baiknya Anda membawa anak Anda ke dokter untuk dilakukan pengukuran lingkar kepala yang baik dan benar, dan untuk panduan Anda mengukur lingkar kepala anak Anda. Oleh karena penyebab dari pertumbuhan lingkar kepala yang cepat ada banyak maka kami sarankan agar Anda melakukan pemeriksaan ke dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermnafaat.
 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar