Sukses

Perbedaan HIV dan AIDS

30 Oct 2014, 11:09 WIB
Pria, 24 tahun.

Malam dok, saya mau tanya : 1. HIV / AIDS sama atau beda??? 2. Kutil disekitar penis tepatnya selangkangan kaki apakah itu HIV / AIDS??? Saya baca artikel https://www.klikdokter.com/ulasan/6+Gejala+Penis+Anda+Bermasalah dari atikel dr. Nadia Octavia di poin no. 2 tentang Benjolan, Kutil, Lesi Kulit atau Kemerahan pada Penis atau Area Genital itu mengalami gejala penyakit infeksi menular seks. 3. Apakah kutil itu boleh dibersihkan pakai obat Callusol ??? Kalau tidak boleh, apa saran nya atau saya harus bagaimana??? Tolong pencerahan nya dokter, terima kasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda:

  1. Perbedaan HIV dan AIDS: HIV adalah singkatan dari human immunodeficiency virus, yaitu virus penyebab infeksi HIV yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual, transfusi darah, jarum yang terkontaminasi, dari ibu ke janin dan melalui proses menyusui. Sedangkan AIDS atau acquired immunodeficiency syndrome merupakan perkembangan lanjutan dari infeksi HIV dimana terdapat penurunan sel T CD4+ di bawah 200 sel per µL. Jika tidak mendapatkan terapi yang tepat dan spesifik, maka hampir 50% orang yang terinfeksi HIV akan mengalami AIDS dalam waktu 10 tahun. 

  2. Kutil di sekitar penis: kutil pada kelamin (kondiloma akuminata), merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. Namun untuk memastikannya dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut.

  3.  

    Pengobatan kutil pada kelamin: kutil pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan bahan bernama podifilin pada kutil tersebut untuk kemudian dibilas, asam trikloroasetat, atau dengan cryosurgery, dengan laser,  atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh. Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan. 

    Kondiloma akuminata juga merupakan penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual. Anda perlu memperhatikan agar melakukan hubungan seksual yang aman, tidak berganti-ganti pasangan dan melakukan hubungan seksual dalam hubungan pernikahan agar tidak terkena kondiloma akuminata atau terkena infeksi menular seksual lainnya. Kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memastikan diagnosis dan terapi untuk Anda.

Berikut kami sertakan artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Kutil, Perlukah Diwaspadai?  

9 Penyebab Bintik pada Penis

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar