Sukses

Tekanan Darah Membandel

10 Dec 2014, 15:00 WIB
Wanita, 52 tahun.

dokter.beberapa bulan belakangan ini tekanan darah saya cendrung tinggi,150 - 170,saya sudah kedokter dan diberi obat amlodipine 5 mg dan sanvastatin,tapi sudah dua bulan menhangkonsumsi obat tsb,blm ada perubahan,saya ,cemas dg kondisi saya,apa yg harus saya lakukan dokter??

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan.Tekanan darah terdiri atas tekanan darah sistolik dan diastolik. Tekanana sistolik adalah tekanan saat jantung memompa darah dan tekanan diastolik adalah tekanan saat jantung beristirahat.

Normalnya tekanan darah sistolik < 120 mmHg dan tekanan diastolik < 80 mmHg. Tekanan darah sistolik 120 -139 mmHg dan diastolik antara 80-89 mmHg masuk dalam kategori prehipertensi. Sedangkan tekanan darah sistolik >140 mmHg dikategorikan sebagai hipertensi begitu pula dengan tekanan diastolik >90 mmHg.

Jika tekanan darah berada dalam rentang prehipertensi maka sebaiknya yang dilakukan adalah perubahan diet dan gaya hidup. SUdahkah Anda rutin melakukan olahraga ringan-sedang seperti berjalan cepat, bersepeda rutin minimal 20 menit/hari? sudahkah Anda merubah gaya hidup lain seperti menghindari merokok, menghindari memakan makanan tinggi lemak dan kolesterol serta makanan tinggi garam?

Jika Tekanan darah yang Anda sebutkan >140 mmHg dimasukkan dalam hipertensi grade II, dimana dalam penanganannya selain dengan merubah pola hidup, juga harus dibantu dengan obat anti hipertensi.

JIka dengan kedua cara ini tekanan darah tidak kunjung turun juga, dosis terapi dapat dinaikkan, atau mengkombinasikannya dengan obat antihipertensi golongan yang lain. Untuk itu, konsultasikanlah kembali mengenai tahapan lanjut terapi hipertensi Anda tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar