Sukses

Bayi Belum Masuk Panggul dan Ada Lilitan Tali Pusat

10 Dec 2014, 17:36 WIB
Wanita, 23 tahun.

DOKTER JIKA HPHT Saya tgl 31 januari 2014 dan haid saya selalu teratur. bulan berikutnya saya dinyatakan hamil..kira2 kpn hpl sya??dan apakah resikox jika bayi blm masuk panggul saat memasuki 39w dan terdapat lilitan tali pusar dilehernya..apakah induksi dapat membantu dalam kondisi kehamilan begini? terimakasih

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Bila HPHT Anda tanggal 31 Januari 2014 dengan siklus haid teratur 28 hari, maka perkiraan HPL adalah sekitar tanggal 7 November 2014. 

Bayi yang belum masuk panggul masih bisa ditunggu sampai usia kehamilan 40 minggu. Induksi dilakukan bila setelah 40 minggu belum ada tanda-tanda akan melahirkan, seperti belum ada mules atau kepala bayi belum masuk pintu panggul. Tapi kepala bayi bisa saja tidak masuk sepenuhnya ke pintu panggul, hal ini disebut dengan CPD (Cephalo-Pelvic Disproportion) atau disproporsi kepala-panggul. Faktor yang mempengaruhinya ada 3, yaitu faktor panggul ibu yang sempit, faktor kepala bayi yang besar atau ukuran bayi yang besar, dan faktor plasenta yang pendek atau letaknya menutupi jalan lahir. Untuk kasus CPD ini, tidak disarankan untuk persalinan normal karena dapat membahayakan janin dan juga ibu, maka pesalinan yang dapat dipilih adalah dengan operasi caesar.

Pada lilitan tali pusat di leher, sebaiknya dilakukan persalinan secara operasi caesar. Hal ini untuk mengurangi risiko lilitan yang akan mejepit leher bayi saat terjadi kontraksi atau ibu mengedan. Persalinan normal bisa dilakukan bila lilitan tali pusat longgar.

Saran kami, sebaiknya Anda konsultasikan mengenai kehamilan Anda dan persalinan yang terbaik untuk Anda dan bayi Anda ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang memeriksa Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar