Sukses

Penanganan Hidrokel dan Referensi RS

11 Dec 2014, 23:55 WIB
Pria, 2 tahun.

Reviu, anak saya 2 bulan lalu jk mau BAB ngedan dan sangat susah dan di BAB 3/4 hari sekali, karena pola makan yg sangan susah dan kekurangan serat mungkin penyebabnya, kemudian sy memrgoki ada kelainan di biji penisnya dan kami konsultasikan ke dokter anak dan di vonis hidrokel, untuk memastikannya sy di rujuk ke untuk USG. Setelah USG testis anak saya 27 bulan tersebut terindikasi hidrokel jinak, dan dari dokter radiologi di rujuk ke bedah, tp kecemasan ttg bedah sudah muncul di kami sebagai orang tua, di karenakan anak kami sangat aktif sekali. pertanyaan saya, 1. Apa ada solusi selain bedah ya dok? soalnya saya sebagai orang tua tidak / belum tega tindakan bedah, 2. Jika di Aspirasi/ penyedotan apakah ada indikasinya? 3. Mohon referensi RS tempat konsul selanjutnya untuk daerah jakarta, tks banyak sebelumnya Salam Puryanto Karno

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.

Hidrokel merupakan sebuah kantung yang berisi cairan yang mengelilingi testis sehingga menyebabkan pembengkakan kantung kemaluan (sktorum). Keadaan ini umum ditemukan pada bayi baru lahir. Sebagian besar hidrokel menghilang sendiri tanpa terapi dalam 1 tahun pertama kehidupan. Anak laki-laki yang lebih besar dapat mengalami hidrokel karena proses peradangan atau cidera dalam kantung kemaluan.  

Hidrokel umumnya tidak berbahaya dan tidak mempengaruhi kesuburan, namun dapat dihubungkan dengan kondisi testis yang dapat menyebabkan komplikasi serius seperti infeksi atau hernia inguinalis. 

Menurut letak kantong hidrokel terhadap testis, secara klinis dibedakan beberapa macam hidrokel, yaitu
(1) hidrokel testis,
(2) hidrokel funikulus, dan
(3) hidrokel komunikan

Pembagian ini penting karena berhubungan dengan metode operasi yang akan dilakukan pada saat melakukan koreksi hidrokel. Hidrokel yang tidak menghilang dengan sendirinya perlu ditatalaksana dengan tindakan operasi (hidrokelektomi) ataupun aspirasi(disedot isi cairannya dengan jarum).

Indikasi operasi hidrokel adalah:

  • Hidrokel bertambah besar sehingga dapat menekan pembuluh darah.

  • Indikasi kosmetik.

  • Hidrokel permagna yang mengganggu aktifitas sehari-hari.

Aspirasi cairan hidrokel kurang dianjurkan dianjurkan karena selain angka kekambuhannya tinggi, kadang kala dapat menimbulkan penyulit berupa infeksi.  Diskusikanlah dengan Dokter Bedah Anak Anda mengenai pilihan terapi yang sesuai.

Mengenai referensi rumah sakit di derah jakarta, mohon maaf karena kami tidak dapat merekomendasikan instansi tertentu untuk mencegah terjadinya bias promosi. Namun Anda dapat menggunakan fitur pencarian untuk mencari Rumah Sakit, Klinik, atau bahkan  Dokter Spesialis pada website Klikdokter.com berkaitan dengan persoalan. Dimana data seluruh dokter yang kami miliki sudah terintegerasi dengan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

Untuk menggunakan fitur pencarian tersebut, akses Menu 'Pencarian' pada Menu Bar  website Klikdokter.com, kemudian pilih 'Cari Dokter'. Anda akan diminta memilih Spesialisasi dari dokter yang Anda cari, kemudian masukan domisili dari dokter yang bersangkutan, kemudian yang terakhir memasukkan nama dari dokter yang Anda cari. Lalu tekan tombol 'Cari'. Sama halnya dengan tahap aplikasi pencarian Rumah Sakit maupun Klinik. Selamat mencoba.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar