Sukses

Hasil Pemeriksaan Urin menunjukkan ISK, Tapi Tidak Ada Gejala

10 Dec 2014, 19:50 WIB
Wanita, 25 tahun.

Sore dokter, 2 haribyang lalu saya menjalani medical check up, hari ini saya ditelepon untuk ulang test urine, karena pihak klinik mengatakan dari hasil test urine saya terkena infeksi saluran kemih. Saya coba browsing mengenai infeksi saluran kemih, dan saya tidak merasakan satupun gejala-gejala dari infeksi tersebut. Apakah hasil test tersebut akurat? Mengapa bisa divonis demikian sedangkan gejala-gejala infeksi tersebut tidak satupun ada pada saya. Mohon pencerahannya dok, terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Infeksi Saluran Kemih (ISK) umumnya disebabkan oleh bakteri dan terbagi menjadi dua macam;

  1. ISK atas:  gejala berupa demam, menggigil, nyeri perut, nyeri pinggang, terkadang terasa ingin muntah. Radang / infeksi terdapat pada ginjal.
  2. ISK bawah: gejala berupa sakit di perut bagian bawah (di atas tulang kemaluan), BAK sakit terutama pada akhir masa berkemih, anyang-anyangan atau BAK tidak tuntas dan rasa masih ingin berkemih lagi, walaupun bila dicoba untuk berkemih tidak ada air seni yang keluar, sering berkemih, dan demam jika sudah berlanjut. Radang terdapat pada kandung kemih atau saluran kemih.

Hasil laboratorium dapat meunjukkan ISK walaupun Anda tidak merasakan gejala. Hal ini dapat terjadi karena cara pengambilan sampel yang kurang akurat atau memang kondisi Anda yang misalnya sedang atau setelah haid sehingga terdeteksi ada darah dalam urin, selain itu juga sel epitel (+) di urin, hal ini bisa terjadi karena saluran kemih wanita yang memang secara anatomis lebih pendek dari pria sehingga bisa saja ada sel-sel epitel yang ikut dalam urin. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar