Sukses

Sudah Menikah 2 Tahun Tapi Belum Dapat Keturunan

15 Dec 2014, 17:37 WIB
Wanita, 24 tahun.

Apa kabar dok? langsung saja saya mau sedikit cerita dan bertanya dok. Saya sudah menikah 2 th tapi saya belum juga dikaruniai anak. Awalnya saat malam pertama saya sudah keluar darah perawan, tp setelah berhubungan yg ke 2 kalinya darah itu kembal ada dan banyak, darah apakah itu dok? setelah hubungan,buang air kecil saya jd sakit, saya periksakan ke dokter umum katanya infeksi saluran kencing, dan saya mengalami keputihan, saya priksa ke puskesmas katanya saya infeksi dan bisa saja menularkan pada suami atau itu virus dr suami. Saya ke dokter kandungan, lalu di usg tp dokternya tidak menjelaskan apa2, cm saya disuruh periksa indung telur, suami saya di tes sperma dan hasilnya sperma suami saya kurang bagus dok, sy gak tau istilahnya yg harusnya ada 20 juta, tertera disitu suami saya cm 600 rb, saya belum ke dokter lg karna jujur kami gak ada biaya mengingat suami saya habis kontrak dari kerjanya. saya minta solusi dok, apakah infeksi yg saya derita bisa mempengaruhi saya untuk blm hamil? dan bagaimana untuk memperbaiki kualitas sperma suami saya? suami saya juga cepat sekali klimaks, apa itu pengaruh juga? Terima Kasih, saya tunggu jawabannya dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis/abnormal. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti sesaat sesudah menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Apabila diikuti dengan keputihan yang kental bergumpal-gumpal seperti susu maka kemungkinan jamur, bila dengan keputihan yang berwarna kehijauan maka kemungkinan disebabkan parasit. Bila ada seperti titik darah di celana dalam dan sangat gatal di pubis mungkin disebabkan oleh kutu pada rambut pubis. Namun bisa juga gatal disebabkan karena vagina yang lembab dan kebersihannya kurang terjaga. 

Jika keputihan yang Anda alami merupakan keputihan abnormal yang disebabkan oleh infeksi maka memerlukan pengobatan dengan antijamur / antibiotik / antiparasit sesuai dengan kuman penyebabnya. Kami menduga keluhan Anda tersebut disebabkan oleh infeksi jamur, namun untuk memastikannya kami sarankan Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapat diagnosis pasti serta penanganan yang tepat.

Kehamilan ditentukan oleh kesuburan Anda dan Suami. Untuk memeriksa kesuburan pada pria dilakukan dengan pemeriksaan sperma. Kondisi jumlah sperma kurang yang dialami suami Anda disebut juga oligozoospermia. Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya oligozoospermia (jumlah sperma kurang dari normal), antara lain:

  • Kelelahan

  • Tidur yang kurang

  • Kegemukan

  • Kebiasaan merokok dan minum minuman keras

  • Faktor psikologi : stress berkepanjangan, panik, depresi

  • Faktor lingkungan (radiasi atau bekerja di lingkungan yang tinggi cemarannya, seperti kawasan industri)

  • Suhu di sekitar testis yang terlalu panas, misalnya pada orang yang bekerja terus-menerus di dekat panas seperti supir atau juru masak, atau memakai celana yang terlalu ketat juga bisa mengganggu kesehatan testis

  • Ketidakseimbangan hormon testosteron

  • Varicocele (pembesaran pembuluh darah vena di buah zakar)

  • infeksi saluran reproduksi

  • Kelainan kromosom

Rutinitas yang terlalu padat bisa jadi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi secara tidak langsung melalui efek psikologinya. Namun masih terdapat faktor lain yang juga perlu digali lebih lanjut.

Sayangnya 60% masalah sperma tidak diketahui penyebabnya dan dari yang diketahui penyebabnya, sebagian besar tidak bisa diobati (misalnya kelainan kromosom). Jika tidak diketahui penyebab yang jelas, maka tidak ada pengobatan khusus yang tepat untuk mengatasi gangguan sperma Anda. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi untuk mengetahui penyebab terjadinya penurunan jumlah sperma. Perbaikan pola hidup (hindari rokok, alkohol, obesitas, dll), mungkin dapat membantu memperbaiki sperma.

Bagi Anda pertama-tama harus disembuhkan dulu infeksi dan keputihan yang Anda alami, beberapa pemeriksaan lain juga dapat dilakukan diantaranya:

  • pap smear,

  • pemeriksaan hormon ovulasi,

  • dan pemeriksaan USG, semua hal ini dapat dilakukan di dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

Usaha-usaha yang dapat Anda lakukan dalam memperoleh keturunan diantaranya adalah dengan melakukan hubungan seksual di sekitar masa subur Anda. Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur).

Untuk mengetahui kapan masa subur Anda, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid Anda dari 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi anda berlangsung teratur selama 27-28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi anda adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari.

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bila siklus haid tidak teratur, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab dari siklus haid Anda yang tidak teratur.

Sebagai usaha untuk mendapatkan keturunan, cobalah beberapa tips dibawah:

  • Hindari Aktivitas Fisik yang Berat

Terlalu lelah adalah salah satu penyebab utama terlambatnya proses siklus haid. Hal ini karena tubuh membutuhkan sejumlah energi untuk meneruskan proses menstruasi secara teratur. Ketika jumlah energi habis karena adanya aktifitas yang berat, maka haid tidak datang tepat pada waktunya. Dan ketika siklus tidak lancar, maka sindrom pra-menstruasi datang mengancam. Untuk itu hindarilah kelelahan berlebihan.

Tubuh setiap manusia memiliki ambang lelah yang berbeda-beda, tergantung dari ketahanan stamina tubuh seseorang. Stamina dapat dilatih dengan berolahraga secara teratur Untuk memulai, cobalah jogging selama 15 menit dahulu, kemudian dilatih untuk menambah waktu minimal hingga 30 menit sehari.

  • Hindari Stres

Di atas batang otak manusia, terdapat satu struktur yang disebut hipotalamus. Hipotalamus memiliki beberapa fungsi dan yang terpenting adalah menghubungkan sistem saraf dengan kelenjar endokrin melalui kelenjar hipofisis atau pituitasi. Hipotalamus mengatur berbagai tingkatan hormon, termasuk hormon-hormon reproduksi wanita, yaitu esterogen dan progesteron.

Bila seorang wanita berada pada tekanan mental ekstrim seperti stres, maka produksi esterogen dan progesteronnya akan terganggu. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur.

Sama dengan stamina, ambang stres setiap orang juga berbeda- beda tergantung dari ketahanan jiwanya. Ketahanan jiwa berhubungan dengan tubuh yang sehat. Oleh karena itu, dengan melatih tubuh berolahraga teratur, tubuh akan menjadi lebih segar dan memiliki stamina yang baik sehingga tidak mudah terserang stres.

  • Asupan Gizi

Asupan nutrisi tepat untuk kebutuhan gizi tubuh sangat diperlukan. Karena status kualitas dari asupan nutrisi dan gizi mempengaruhi kinerja kelenjar hipotalamus yang memiliki peran mengendalikan kelancaran siklus haid yang ada.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar