Sukses

Nyeri Punggung Atas

12 Dec 2014, 00:15 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok kenapa ya tulang blakang saya,punggung atas (thoraks thorax) hapir 1 minggu ini sering terasa sakit.rasanyatu dalam tulang panas dan nyeri,apa ini suatu gejalan penyakit yg serius?bagaimana solusinya? terimakasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya perlu dikonfirmasi terlebih dahulu mengenai sejak kapan keluhan tersebut muncul, adakah saat-saat tertentu keluhan tersebut muncul, apakah Anda pernah memilik  riwayat jatuh atau trauma pada daerah tersebut sebelumnya dan informasi-informasi lain yang mungkin membantu dalam penegakkan diagnosis penyakit Anda. Saat ini sangatlah sulit untuk menentukan penyebabnya mengingat keterbatasan kami dalam mengumpulkan informasi dan melakukan pemeriksaan fisik langsung pada Anda.

 

Keluhan pada punggung bagian atas yang Anda rasakan dapat disebabkan karena gangguan pada kulit, otot, atau tulang. Keluhan pada kulit umumnya disebabkan karena adanya penyakit kulit pada bagian punggung, keluhan pada otot akibat salah posisi, dan keluhan pada tulang karena adanya kelainan tulang belakang.

Keluhan pada otot umumnya disebabkan karena salah posisi duduk atau bekerja dengan posisi yang sama terus menerus. Apabila tubuh tidak berada di dalam posisi anatomis, maka akan menimbulkan keluhan pegal.

Mengenai gangguan pada tulang belakang, kondisi tulang belakang yang bengkok  (skoliosis) atau tidak sesuai dengan normal dapat mengakibatkan keluhan seperti ini. Postur fisik yang jelas terlihat adalah punggung belakang miring atau anda terlihat bungkuk. Namun dapat juga tanpa adanya gangguan fisik yang terlihat. Sangat disayangkan anda tidak memberikan data sejak kapan keluhan ini terjadi. Apabila sudah lama atau sejak kecil, maka kemungkinan gangguan tulang belakang dapat dicurigai.

Rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat-obatan golongan antiradang nonsteroid seperti ibuprofen, natrium diklofenak, asam mefenamat, asetaminofen, dan lain sebagainya. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

  • Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja

  • Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang

  • Perbaiki dan perhatikan posisi tubuh saat bekerja atau duduk dalam waktu lama

  • Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.

Apabila setelah menerapkan tips di atas keluhan tidak juga membaik, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf, dokter spesialis tulang, atau dokter spesialis rehabilitasi medik untuk diagnosis pasti dan tatalaksana yang optimal.  Hal tersebut karena pengobatan akan disesuaikan dengan penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar