Sukses

Ingin Mencapai Berat Badan Ideal

11 Dec 2014, 12:47 WIB
Wanita, 31 tahun.

dear klik dokter, saya bermasalah dgn berat badan saya sudah coba akupuntur+messo,fitness 3xsminggu,konsumsi nutrimax chitosan&slimfast, ganti ke wellness starch blocker&slim formula (CLA),puasa, membatasi asupan karbo, dan puasa (hal ini sudah saya lakukan selama 6bln tp berat badan saya tak kunjung surut.apakah ada yg salah dgn metabolisme saya, mohon sarannya terimakasih

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT), Anda termasuk ke dalam golongan ideal dengan IMT 23,4. Silahkan klik indeks massa tubuh (IMT) untuk mengetahui dengan cepat status IMT Anda saat ini.

Berat badan ideal dapat dicapai dengan menyesuaikan antara asupan masuk dan keluar. Dengan demikian, untuk menurunkan berat badan, masukan kalori atau makanan Anda harus lebih sedikit dari kalori yang Anda keluarkan. Yang terbaik adalah dengan mengurangi porsi makan Anda dan melakukan olahraga secara teratur. Adapun olahraga jenis aerobik sangat berguna untuk membakar lemak dan meningkatkan kecepatan metabolisme. Dan diet yang dianjurkan adalah diet rendah lemak, renda karbohidrat simpleks, tinggi serat, tinggi karbohidrat kompleks, dan protein. Berikut adalah tips-tips yang dapat Anda terapkan untuk menurunkan berat badan:

  1. Olahraga seminggu 3 kali, setiap kali minimal 30 menit
  2. Kurangi konsumsi nasi putih, mie kuning, roti putih. Anda dapat mengonsumsi beras merah atau roti gandum sebagai pengganti karbohidrat simpleks
  3. Hindari konsumsi gorengan dan makanan instan seperti sosis, sarden, kornet, dsb
  4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur. Pilihlah buah yang masih segar dan belum diolah
  5. Perbanyak minum air putih (minimal 8 gelas sehari)
  6. Batasi makan malam sampai jam 7 malam. Apabila melebihi jam tersebut, Anda dapat mengonsumsi buah atau sayur.
  7. Gunakan minyak zaitun dalam jumlah sedikit apabila ingin menumis sayuran

Menurunkan berat badan membutuhkan waktu, kesabaran, dan kedisiplinan. Namun jika Anda melakukannya dengan sepenuh hati dan tepat, maka akan membuahkan hasil seperti apa yang Anda impikan. Pada kasus Anda di mana berat badan sudah menunjukan angka ideal, namun Anda tetap menginginkan menurunkan berat badan, Anda dapat minta bantuan Dokter Spesialis Gizi untuk mengatur kebutuhan nutrisi Anda dan juga bantuan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga untuk membantu menentukan resep olahraga Anda.

Berikut judul-judul artikel yang dapat Anda baca untuk menambah informasi mengenai berat badan ideal, cara menurunkan berat badan dan jenis makanan sehat yang dapat Anda coba masukkan dalam menu sehari-hari:

Anda dapat mengunjungi Rubrik Gizi yang kami miliki serta menggunakan Health Tools: Kalkulator Kalori untuk menghitung kebutuhan kalori Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar