Sukses

Tips sehat Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

16 Dec 2014, 10:39 WIB
Wanita, 31 tahun.

dear klik dokter, saya mau konsultasi soal menurunkan berat badan. Saya sulit sekali menurunkan berat badan, padahal saya sudah pakai berbagai macam cara dari: akupuntur + suntik messo, minum suplemen dari nutrimax (chitosan + slimfast) ganti ke produk wellness (slim formula + starch blocker), ditambah seminggu 3x saya fitness, dan asupan makanan saya juga sudah jarang makan malam, konsumsi nasi juga sehari 1x, ditambah puasa senen kamis, tetapi berat badan saya tidak kunjung turun, hal ini sudah saya lakukan selama 6 bulan terakhir, sehabis fitness pun saya tidak pernah konsumsi karbo, hanya protein dan buah. Saya pernah konsultasi saat membeli produk pelangsing, dan saya disarankan untuk memperbaiki metabolisme saya dan saya juga pernah disarankan oleh dokter akupntur saya untuk suntik Lcarnitine, karena dengan messo tidak berefek. Mohon sarannya dok, apakah ada yang salah dengan metabolisme tubuh saya. Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Belakangan ini banyak bermunculan berbagai jenis diet untuk menurunkan berat badan. Namun ada beberapa diet yang kurang tepat dan justru menyebabkan metabolisme tubuh menurun. Karena pada prinsipnya, metabolisme tubuh yang rendah akan semakin mempersulit proses penurunan berat badan.

Metabolisme adalah proses pemecahan zat-zat gizi di dalam tubuh untuk menghasilkan energi atau pembentukan struktur tubuh. Zat gizi tersebut dapat berupa karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan  mineral. Tingkat metabolisme dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya genetik, jenis kelamin, usia, kadar hormon, berat badan, dan aktivitas tubuh.

Semakin cepat metabolisme tubuh, semakin banyak kalori yang dibakar, semakin mudah menurunkan berat badan.

Tips Menurunkan Berat Badan Paling Cepat:

  • Sarapan

Jangan pernah melewatkan sarapan. Sarapanlah dengan makanan karbohidrat kompleks dan tinggi protein. Protein membantu memberikan sinyal kepada otak bahwa Anda merasa kenyang lebih lama. Contoh: oatmeal + telur.

  • Olahraga dan  terus bergerak

Olahraga minimal 30 menit setiap 2-3x/minggu. Olahraga yang baik adalah tipe aerobik yang memacu kerja jantung, seperti berenang, jalan cepat, lari, bersepeda.

  • Istirahat cukup

Kurang tidur dapat menurunkan metabolisme tubuh. Selain itu kadar hormon ghrelin dan kortisol meningkat sehingga menyebabkan peningkatan nafsu makan dan penyimpanan lemak tubuh.

  • Banyak minum air putih

Orang yang dehidrasi akan membakar lemak 2% lebih rendah. Minumlah minimal 8 gelas/hari.

  • Kalsium

Kalsium berperan penting dalam mengatur metabolisme lemak, menurut riset yang dilakukan Departemen nutrisi Universitas Tennesse, diet tinggi kalsium, selain mencegah osteoporosis juga dapat meningkatkan metabolisme, membantu membakar lemak lebih banyak.

  • Kopi atau teh

Journal of Physiology & Behavior menunjukkan rata-rata tingkat metabolisme tubuh pada orang yang mengkonsumsi kafein meningkat 16% dibandingkan yang tidak mengkonsumsi kafein. Tapi jangan dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan tidur, nyeri perut, dan gangguan irama jantung.

  • Makan makanan pedas

Bagi Anda yang menyukai pedas, berbahagialah, karena menurut Journal of Nutritional Science and Vitaminology metabolisme tubuh meningkat sampai 23% setelah mengkonsumsi makanan pedas. Cabai mengandung capsinoid yang meningkatkan energy expenditure sampai 50 kalori/hari.

  • Makan teratur dan jangan membuat tubuh Anda kelaparan

Diet yang berlebihan akan menyebabkan tubuh masuk kedalam kondisi starvation mode, yaitu respons tubuh terhadap asupan rendah kalori dalam waktu lama. Akibatnya tubuh akan kehilangan massa otot dan metabolisme tubuh menurun.

Baca juga:

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar