Sukses

Interaksi Obat ISDN, Aspilet, Ciprofoxacin, Tussygon Syrup

16 Dec 2014, 13:42 WIB
Pria, 75 tahun.

apakah ada pengaruhnya antara meminum obat dari dokter jantung sprti ISDN, Aspilet jika diminum bersamaan dengan obat batuk (tussigon syrup), ciprofloxacin dan obat alergi dalam satu waktu? kalau tidak sebaiknya bagaimana... terimakasih doc.

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Aspilet diberikan sebagai antiplatelet yang dapat mengencerkan dan memperlancar peredaran darah. Antiplatelet bekerja dengan cara mengurangi agregasi platelet sehingga dapat menghambat pembentukan trombus pada sirkulasi arteri.  Penggunaan obat aspilet tidak boleh dibarengi dengan konsumsi Alkohol, antikoagulan, probenesid, sulfonilurea karena dapat menimbulkan reaksi interaksi obat yang dapat membahayakan.

ISDN atau Isosorbid Dinitrat merupakan obat jenis vasodilator. Obat ini melebarkan pembuluh darah, meningkatkan persediaan darah dan oksigen ke jantung. Obat ini digunakan untuk mencegah sakit di dada yang disebabkan oleh angina. ISDN digunakan sewaktu-waktu saat terjadi serangan sesak nafas, atau nyeri dada, atau serangan angina. ISDN diberikan secara sublingual, untuk mempercepat onset kerja ISDN, dan mencegah terjadinya metabolism lintas pertama dihati. Reaksi interaksi obat yang dapat terjadi bila ISDN dikonsumsi bersama obat lain :

  • Menurunkan kadar/efek ISDN : aminoglutethimid, karbamazepin, nafsilin, nevirapin, fenobarbital, fenitoin, and rifamisin
  • Meningkatkan kadar/efek ISDN : antifungi golongan azol, kalritromisin, diklofenak, doksisiklin, eritromisin, imatinib, isoniazid, nefazodon, nikardipin, propofol, penghambat protease, kuinidin, telithromisin, dan verapamil, sildenafil, tadalafil, vardenafil
  • Meningkatkan risiko hipertensi : Etanol
  • Meningkatkan Toksisitas obat lain. Bila dikonsumsi bersama dengan metotrexat dpat meningkatkan toksisitas dengan menurunkan eliminasi di ginjal

Tussigon Syrup merupakan yang diindikasikan untuk meredakan batuk dan pilek. Tiap 5 ml obat ini mengandung Dextromethorphan HBr 10mg, glyceryl guaiacolate 100 mg, pseudoephedrine 20 mg, chlorpheniramine maleate 2 mg, Na citrate 100 mg. Penggunaan obat ini tidak boleh dikombinasi dengan alkohol dan obat penenang, karena dapat menyebabkan peningkatan efek obat penenang/alkohol yang dapat menyebabkan gangguan kesadaran. Obat batuk dan flu ini juga tidak boleh digunakan bersama dengan obat monoamine oxidase inhibitor (MAOI) kelompok antidepresan, seperti  isocarboxazid (Marplan), phenelzine (Nardil), tranylcypromine (Parnate), selegiline (Eldepryl), and procarbazine (Matulane) dan linezolid (Zyvox). Kombinasi dengan obat-obatan ini dapat menimbulkan gangguan kesadaran, tremor, hipereaktivitas, peningkatan tekanan darah/krisis hipertensi, coma, hingga kematian.

Ciprofloxacin merupakan antibiotik sintetik golongan quinolone yang bekerja dengan menghambat DNA-girase. Ciprofloxacin efektif terhadap bakteri yang resisten terhadap antibiotika lain misalnya penisilin, aminoglikosida, sefalosporin dan tetrasiklin. Ciprofloxacin efektif terhadap bakteri gram-negatif dan gram-positif. Penggunaan ciprofloxacin yang harus diwaspadai adalah jika digunakan bersama obat-obat berikut :

  • aminofilin, fluvoxamine, mexiletin, mirtazapin, ropinirol, trifluoperazin, gliburid, metotreksat, ropivacaine, teofilin, dan warfarin : meningkatkan efek obat tersebut
  • Kortikosteroid : menyebabkan kerusakan tendon
  • Foscanet : meningkatkan efek kejang
  • Probenesid : Meningkatkan kadar ciprofloxacin
  • Antasida, suplemen elektrolit oral, quinapril, sukralfat : Menurunkan efek obat
  • Fenitoin : menurunkan kadar fenitoin

Apabila obat-obatan yang Anda sebutkan merupakan pengobatan yang diresepkan oleh dokter Anda sesuai kebutuhan dan indikasi yang Anda miliki, maka Anda tidak perlu khawatir karena dokter Anda tentunya sudah mempertimbangkan fungsi serta segi keamanan dari kombinasi obat-obatan tersebut. Namun kami sarankan, penggunaannya tetap dalam pengawasan dokter Anda. Apabila Anda memiliki keluhan tertentu seperti reaksi alergi atau lainnya setelah mengkonsumsi obat-obatan tersebut, kami sarankan Anda segera berkonsultasi kembali dengan dokter Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar