Sukses

Apakah Ini Gejala Alergi?

29 Oct 2014, 09:46 WIB
Pria, 37 tahun.

Siang Dok Belakangan ini saya kalau bersin biasanya langsung meler hidungnya bahkan kadang mampet. Hidung juga suka gatel dan kalau hidungnya di kucek-kucek untuk ngurangi gatelnya saya bersin-bersin Dok. Apakah ini masuk kedalamkategori alergi Dok? Karena sebelumnya saya gak pernah seperti ini. Perlukah saya ke THT Dok?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.
Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Perlu diketahui lebih lanjut kapankah Anda merasakan gejala tersebut, apakah pada pagi hari saat bangun tidur? apakah saat terkena debu, udara dingin, atau lainnya? apakah terdapat gejala lain seperti batuk, demam, sakit tenggorokan, dan sebagainya? 

Untuk mengetahui apakah keluhan Anda termasuk suatu alergi, perlu diketahui apakah ada faktor pencetusnya. Jika ya, maka kemungkinan keluhan Anda termasuk suatu kondisi yang disebut Rhinitis Alergi. Alergi pada dasarnya adalah reaksi tidak normal pada sistem kekebalan tubuh. Hingga sekarang, para ahli belum menemukan faktor utama penyebab alergi. Namun hipotesis yang ada menyebutkan bahwa alergi bisa didapat melalui faktor keturunan/genetik. Alergi seseorang akan kambuh jika sistem kekebalan tubuhnya bereaksi berlebihan terhadap suatu zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Pada umumnya alergi tidak berakibat serius bagi penderitanya, namun dalam beberapa kasus, penderita alergi akan mengalami reaksi alergi yang dapat berakibat fatal. Manifestasi alergi sendiri bervariasi pada setiap individu, seperti gejala di kulit, saluran pernapasan, dan lainnya. Gejala yang sering dirasakan pada saluran pernapasan antara lain hidung berair, bersin yang sulit untuk berhenti, gatal pada daerah mata, dan keluar cairan ingus yang jernih dari hidung. Untuk mengatasi gejala, maka harus dihindari faktor pencetusnya.

Jika tidak terdapat faktor pencetus, kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis THT agar dapat ditelusuri penyebab lainnya, serta agar Anda memperoleh penanganan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar