Sukses

Bintik Air pada Kulit

30 Oct 2014, 12:01 WIB
Pria, 20 tahun.

dok, saya ingin menanyakan tentang penyakit kulit yang saya alami belakangan ini, saya udak ke spesial kulit katanya itu jamur seperti eksim, terus saya dikasih obat tablet dan cream, dan allhamdulilah sembuh tapi kenapa beberapa bulan kemudian kambuh lagi, bermulai seperti bintik air di kulit terus menyebar dan gatal, penyebab penyakit seperti apa dok ? mohon bantuannya, terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda. Apakah disertai keluhan lain seperti demam? Kelainan pada kulit yang awalnya berupa lentingan kemudian pecah dan ada airnya dapat disebabkan oleh infeksi virus hepes simpleks, cacar air ataupun oleh infeksi bakteri (dikenal dengan nama impetigo). Keduanya hanya dapat dibedakan setelah dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung. 

Kedua penyakit tersebut memerlukan penanganan yang berbeda. Pada dasarnya penyakit yang disebabkan oleh virus dapat sembuh dengan sendirinya (self limiting disease), sehingga yang diperlukan adalah upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak anda dengan istirahat dan makan dengan gizi yang seimbang. Obat yang dapat diberikan untuk penyakit herpes simpleks dan cacar air adalah obat antivirus, sementara untuk penyakit impetigo dapat diatasi dengan menggunakan salep antibiotik.

Karena itu, kami sarankan agar Anda segera ke dokter terdekat untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung sehingga Anda dapat memperoleh pengobatan yang tepat sesuai penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga dapat membantu (NO)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar