Sukses

Dahak Lebih Dari 1 Bulan

05 Nov 2014, 15:38 WIB
Pria, 21 tahun.

sya pengen resep obatnya.karena dahak yg sya alami ini lebih 1 bln sdah dan tersa nyeri di dada bgian kanan.trmkasih dok.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah yang Anda maksudkan dahak yang berasal dari tenggorokan? Apakah terdapat keluhan lain batuk, pilek, demam, nyeri menelan, atau lainnya? Apakah anda memiliki riwayat alergi, ataukah gejala tersebut muncul pada kondisi tertentu atau setelah terpapar sesuatu? Untuk mengobati dan mendiagnosis dibutuhkan wawancara medis lengkap, pemeriksaan fisik, dan penunjang. Banyak hal yang dapat menyebabkan tenggorokan berdahak. Tenggorokan berdahak dapat disebabkan karena infeksi, alergi, iritasi, dan sebagainya. Perokok aktif juga biasanya memproduksi dahak lebih banyak daripada bukan perokok. 

Saluran pernapasan manusia normalnya dilapisi oleh sel mukus yang menghasilkan lendir yang dalam keadaan normal berfungsi untuk membersihkan saluran pernapasan dan menghangatkan udara yang melalui sirkulasi pernapasan. Pada individu yang memiliki alergi (seperti alergi debu, cuaca dingin, serbuk bunga, dan sebagainya) akan terjadi proses peradangan kronis akibat sel mukus yang bereaksi berlebihan terhadap alergen, sehingga cairan lendir yang dihasilkan pun lebih banyak dibandingkan dengan kondisi normal.  Bila Anda mempunyai alergi, yang perlu dilakukan adalah mengenali dan menghindari alergen yang memicu gejala, serta menjaga daya tahan tubuh agar sistem imun Anda tetap stabil. 

Penyebab lain yang sering menimbulkan gejala tersebut adalah infeksi virus atau bakteri. Jenis obat yang diberikan pun disesuaikan dengan penyebabnya. Oleh karena itu kami menganjurkan Anda memeriksakan diri dahulu ke dokter umum supaya diagnosis dapat ditegakkan melalui pemeriksaan fisik dan penunjang, agar Anda dapat memperoleh pengobatan optimal. 

Sementara itu, Anda dapat menjaga kesehatan tubuh dengan menjaga pola makan dan asupan nutrisi seimbang, minum air putih setidaknya 1.5 Lt sehari, dan menghindari polusi maupun asap rokok. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar