Sukses

Cervical Syndrome

10 Dec 2014, 16:38 WIB
Wanita, 19 tahun.

selama 1 minggu ini saya merasakan sakit kembali di bagian bahu,waktu itu pernah di suntik 3 th lalu namun kambuh lagi,kmren2 k dokter dan kt,a cervical syindrome sy diberi obat dan terapi gelombang kejut listrik.sekarang obat sy sudah abis,tp tetep rada sakit.gmn caranya agar hilang sakitnya?apa perlu ke RS minta terapi lagi atau gmn?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai cervical syndrome. Cervical syndrome adalah sindrom atau keadaan yang ditimbulkan oleh adanya iritasi atau kompresi pada radikssyaraf cervical yang yang ditandai dengan adanya rasa nyeri pada leher (tengkuk) yang dijalarkan ke bahu dan lengan sesuai dengan radiks yang terkena. Rasa nyeri yang dijalarkan ini disebut nyeri radikuler, artinya bahwa rasa nyeri tersebut berpangkal pada tempat perangsangan dan menjalar ke daerah persyarafan radiks yang terkena, dimana daerah ini sesuai dengan kawasan dermatom. Manifestasi nyeri tengkuk dapat berlokasi di daerah tengkuk sendiri atau menyebar ke tempat lain, daerah sebaran yang terbanyak adalah anggota gerak atas dan kepala.

Berhubung cervical sindrome hanya merupakan kumpulan gejala maka terapinya akan bergantung pada etiologi yang didapat pada pemeriksaan. Sebagai contoh :

1. Bila penyebabnya adalah akibat dari trauma whiplast, maka dengan istirahat akan menjadi baik kembali.
2. Bila oleh karena spondilitis, maka dapat dilakukan rehabilitasi medik. Program rehabilitasi medik antara lain fisioterapi dan pemasangan alat bantu seperti cervical collar.

3. Bila disertai dengan tanda-tanda medula spinalis ikut terganggu dan pemeriksaan mielografi didapatkan adanya tumor, maka dapat dilakukan operasi.

Pada kasus Anda yang sudah berulang dan dengan konsumsi obat tidak mengurangi rasa sakit, kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi kembali dengan dokter spesialis saraf untuk penanganan keluhan Anda lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar