Sukses

Tata Laksana Keloid Bekas Jahitan

26 Oct 2014, 02:27 WIB
Wanita, 20 tahun.

Halo dok , saya linda dok , saya dulu pernah digigit monyet di bagian tangan sebelah kanan , sempat dijahit 2 jahitan dok,, setalah 1 minggu lebih dokter menyarankan saya untuk jahitan bisa dibuka ,, nah setelah dibuka saya melihat iklan di TV untuk penghilang bekas luka saya gunakan Dermatik,,, tapi setelah lama - kelaman , saya habis 1 dermatik,, luka di tangan saya seperti muncul timbul di kulit , banyak yang mengatakan ini seperti keloid , saya sudah pernah membawa ini ke dokter kulit , sudah di kasi salep, tapi tak kunjung mengempes, saya bingung untuk menghilangkannya dok, apa yang harus dilakukan lagi ? krna jujur ini sangat menggangu penampilan saya saat ini, sebelumnya saya juga pernah terluka tapi sama sekali tidak menimbulkan KELOID seperti ini , hanya bekas jahitan saja yng tersisa, Apa perlu saya melakukan Operasi dok ? Saya tunggu jawaban dokter segera , Terimakasih sebelumnya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Terdapat dua macam bekas luka yang tampak menonjol, yaitu keloid dan bekas luka hipertrofik. Keduanya dapat dibedakan melalui tampilan secara makroskopis maupun mikroskopis. Faktor risiko terjadinya dua kasus ini meningkat pada seseorang beretnis kulit gelap dengan riwayat keluarga yang memiliki keluhan sama.

Keluhan biasanya disebabkan karena adanya proses infeksi atau tarikan pada jaringan bekas luka tersebut, terutama apabila lokasi terjadinya keloid dan atau bekas luka hipertrofik berada pada daerah yang memiliki ketegangan otot tinggi, seperti cuping telinga atau perbatasan mandibular.

Mengingat angka kekambuhan kasus ini cukup tinggi, beberapa tata laksana keloid adalah sebagai berikut :

  • Eksisi bedah pada jaringan yang terkena
  • Suntikan steroid intralesi
  • Terapi laser
  • Salep kortikosteroid

Perlu diketahui bahwa rangkaian terapi di atas tiak menjamin bahwa jaringan dapat kembali normal 100%. Kini, para ahli sedang meneliti penggunaan terapi radiasi untuk kelainan kulit ini.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Bedah Plastik untuk dilakukan pemeriksaan langsung, dan mendapatkan tata laksana yang sesuai dengan kondisi terkini Anda.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar