Sukses

Haid Istri Tidak Teratur

26 Oct 2014, 15:30 WIB
Pria, 44 tahun.

saya mau tanya soal istri saya dg umur yg sama, gol darah O, BB 73 TB 168. Akhir2 ini haid tidak teratur dan kalau haid suka lama. kemaren pas haid hari ke 10 darah yang keluar banyak dan agak cair. kira2 kenapa ya dok ?

Ibu/Saudari yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Salam kami untuk Istri Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah ini pertama kalinya terjadi pada istri Anda? Banyak hal yang dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi terlambat dan tidak teratur, antara lain:

  • Stress dan depresi
  • Nutrisi yang kurang, penurunan berat badan berlebihan, olahraga berlebihan, obesitas
  • Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh
  • Gangguan indung telur
  • Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi oral, dll
  • Penyakit kronik dan Sindrom Asherman
  • dll

Oligomenorea merupakan suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama. Wanita yang mengalami oligomenorea akan mengalami menstruasi yang lebih jarang daripada biasanya. Penyebabnya sangat bervariasi, mulai dari penyebab organik, endokrinologik (hormonal), anatomik, hingga tindakan medis tertentu. Namun seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa keluhan menstruasi tidak teratur wajar ditemukan selama 3 hingga 5 tahun sejak mendapatkan menstruasi pertama. Hal ini terjadi karena tubuh masih melakukan upaya penyesuaian terhadap kondisi hormonal yang dapat mempengaruhi keseimbangannya.

Periode menstruasi memanjang dalam bahasa medis disebut menoragia, yaitu menstruasi berlangsung lebih panjang dari 7 hari. Penyebabnya sangat bervariasi, mulai dari penyebab organik, endokrinologik (hormonal), anatomik, hingga tindakan medis tertentu. Penyebabnya juga sangat bervariasi, mulai dari penyebab organik, endokrinologik (hormonal), anatomik, hingga tindakan medis tertentu.

Jika istri Anda sampai mengalami menstruasi tidak teratur dan memanjang di luar 3-5 tahun pertama, dan ini terus terjadi maka hal ini perlu mendapat perhatian khusus. Kami sarankan sebaiknya istri Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengevaluasi berbagai kemungkinan penyebabnya agar dapat dilakukan tatalaksana secara optimal.

Semoga keluhan istri Anda segera teratasi!

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar