Sukses

Efek Vaksin MMR Saat Cacar Air

15 Dec 2014, 18:02 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dokter, saat ini saya sedang terkena cacar air. Saya baru menyadari ada satu lentingan di dada dan satu di kulit kepala pada tanggal 19 Oktober. Pada tanggal 18 Oktober saya melakukan vaksin MMR sebelum saya berangkat ke US. Yang menjadi pertanyaan saya, apakah ada efek samping dari vaksin MMR ini ketika saya sedang cacar? Sekarang di daerah leher saya di bawah telinga kanan diri dan leher dekat dagu ada beberapa tonjolan yang saya takutkan adalah efek dari vaksin MMR. Terimakasih sebelumnya, dokter.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah benjolan tersebut memar? Biru? Biasanya bengkak sehabis vaksin bisa disebabkan oleh karena vaksin terkena otot dimana sering muncul pada vaksin MMR hal ini bisa berlangsung beberapa minggu-bulan. Namun bengkak bisa disebabkan oleh karena adanya granuloma yaitu bentuk peradangan. Atau bisa juga karena efek samping vaksi MMR yaitu rash, pembengkakan kelenjar getah bening leher, nyeri dan kaku pada sendi 1 atau 2 minggu setelah vaksinasi. Ketiga hal ini tidak membahayakan karena biasanya merupakan reaksi tubuh yang dapat hilang.

Anda dapat mempercepat penyembuhan dengan melakukan kompres. Apabila tiba-tiba benjolan tersebut menjadi merah, nyeri bahkan ada nanah di dalamnya maka Anda sebaiknya kembali ke dokter.

Vaksin MMR tidak secara langsung berpengaruh bila sedang terkena cacar. Tapi sebaiknya pemberian vaksin adalah saat tubuh dalam keadaan sehat karena vaksin MMR merupakan vaksin hidup.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar