Sukses

Haruskah Mucocele Dioperasi?

15 Dec 2014, 19:28 WIB
Wanita, 36 tahun.

Dok... Dibibir bawah saya tiba2 muncul bintil gara2 tergigit. sy pernah nanya sm dokter gigi ktnya mucocell (kalo gak salah) disarankan utk ke dokter bedah mulut. Yg mau sy tanya jika tidak dioperasi apakah ada akibat jangka panjang selain masalah estetika krn kalau lg berbicara lumayan kelihatan. Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelumnya kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai mucocele, air liur kita dialirkan dari kelenjar air liur ke dalam mulut melalui suatu saluran kecil yang disebut duktus. Terkadang bisa terjadi ujung duktus tersumbat atau karena trauma misalnya bibir sering tergigit secara tidak sengaja, sehingga air liur menjadi tertahan tidak dapat mengalir keluar dan menyebabkan pembengkakan, yaitu mucocele.

Penanganan mucocele ini meliputi pembedahan dan penanggulangan faktor penyebab, karena apabila hal ini disebabkan oleh trauma kebiasaan buruk maka kebiasaan buruk tersebut  harus diatasi juga guna mencegah mucocele timbul kembali. Pada beberapa keadaan tertentu mucocele dapat sembuh dengan sendirinya. Kami menyarankan agar Saudara memeriksakan terlebih dahulu keadaan yang sedang dialami.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar