Sukses

Gastritis dan GERD, bisa sembuh?

12 Dec 2014, 09:31 WIB
Pria, 44 tahun.

Apakah penyakit Gastritis dan GERD yang pernah terjadi beberapa tahun yg lalu ( >10th) dikarenakan beban pekerjaan yang berat dan makan tdk teratur saat itu ( sifatnya isedentil ), namun setelah minum obat maag biasa sdh sembuh dan tdk ada keluahan lagi hingga saat ini, yg jdi pertanyaan, apakah jika kondisi penyakit tsb akan mudah berulang atau bisa dikatakan sdh sembuh total, kr stlh minum obat tsb dan gingga saat ini saya tdk pernah mengalai hal tsb. terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Gastritis adalah radang atau iritasi yang terjadi pada dinding lambung. Gastritis merupakan kondisi yang disebabkan oleh beberapa sebab. Gejala yang biasa dirasakan adalah nyeri atau rasa tidak enak pada bagian atas perut, yang kadangkala disebut mual. Ada dua jenis gastritis, pertama gastritis akut yang mungkin disebabkan oleh luka bakar yang serius, operasi besar, aspirin atau zat anti radang lainnya, kortikosteroid, obat-obatan, makanan atau adanya virus, bakteri atau racun kimia. Kedua gastritis kronik biasanya merupakan tanda adanya penyakit lain seperti tukak lambung (peptic ulcer), kelainan imunitas, kanker lambung atau anemia.

Sedangkan Gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut.

Penderita gastritis dan GERD bisa dikatakan sembuh Selama gejala yang ada dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup dan tidak lagi memerlukan obat-obatan. Namun tentu saja kondisi ini bisa berulang, ketika terjadinya peningkatan asam lambung kembali yang dapat disebabkan oleh berbagai akibat.

Oleh karena itu Anda perlu melakukan tindakan pencegahan agar  penyakit ini tidak kambuh, dengan:

Anda juga perlu untuk mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat, seperti :

  • Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil
  • Jangan langsung tidur setelah makan malam
  • Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya
  • Hindari stres
  • Tidur cukup 8 jam/hari
  • Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30menit.

Dan jika Anda kembali merasakan keluhan yang sama, jangan menunda untuk memeriksakan diri ke dokter atau mencoba mengobati diri sendiri tanpa saran dari dokter, untuk menghindari komplikasi yang tidak diinginkan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar