Sukses

Apakah Maag Menyebabkan Lemas?

09 Dec 2014, 11:30 WIB
Wanita, 41 tahun.

dok apakak maag kronis bisa bikin hari2 kita terasa lemas

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami akan menjelaskan mengenai penyakit maag. Sakit maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, adalah sebuah peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah.

Hal hal yang dapat memicu peningkatan produksi asam lambung diantaranya stress, konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, dan merokok. Oleh karena itu usahakanlah untuk selalu makan tepat waktu agar Anda terhindar dari nyeri maag. Sesuai dengan pertanyaan Anda, memang ada kaitannya antara stress dengan maag atau gastritis.

Berikut beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gastritis Anda :

  • Hindari makanan pedas, asam, dan berlemak
  • Hindari konsumsi alkohol, rokok, dan soda
  • Hindari stres
  • Makan teratur 3x/hari porsi makan sedikit-sedikit tapi sering, selalu makan snack diantara makan besar
  • Jika penyebabnya gastritis maka diperlukan obat untuk menurunkan asam lambung. Anda dapat mengkonsumsi obat penekan asam lambung yang dijual secara bebas seperti antasida. 

Gastritis sendiri tidak akan menyebabkan Anda menjadi lemas. Gastritis sejauh ini tidak ada kaitannya dengan lemas yang Anda rasakan. Sering lemas, lesu, dan mudah mengantuk dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah kekurangan oksigen di otak, anemia (kekurangan sel darah merah), penyakit kronis, kurang olahraga, hipoglikemia (kadar gula darah rendah), hipotensi (tekanan darah rendah), dan banyak lagi penyebab lainnya.

Asupan makanan yang kurang adekuat sehingga menyebabkan defisiensi atau kekurangan mineral tertentu untuk tubuh juga dapat menyebabkan gejala yang anda keluhkan.Selain porsi makanan, sebaiknya Anda juga memperhatikan kandungan gizi pada makanan. Kami sarankan agar Anda mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, dengan cara :

  • asupan nutrisi cukup, kaya akan zat besi dan folat sebagai sumber utama pembentukan sel darah merah
  • istirahat atau tidur teratur, 6-8 jam sehari
  • berolahraga 3-5x/hari, @30 menit
  • medical check-up 1 tahun sekali

Apabila keluhan Anda berlanjut dan semakin mengganggu, kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung ke dokter secara langsung untuk mencari penyebab dari keluhan yang Anda alami.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar